Pengembangan mobile learning berbasis Assemblr Edu sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa: Penelitian R&D di SMAN 22 Bandung

Halim, Ilham Mahendra (2022) Pengembangan mobile learning berbasis Assemblr Edu sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa: Penelitian R&D di SMAN 22 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Mobile learning berbasis Assemblr EDU sebagai sumber belajar yang bisa diakses di mana dan kapan pun. Namun masalah yang ditemukan berupa kurangnya kemandirian belajar siswa karena merasa bosan dengan pembelajaran daring sehingga berakibat pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sumber belajar berupa Mobile learning berbasis Assemblr EDU untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa serta melihat tanggapan guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sumber data didapatkan dari validator materi, validator media, siswa XI MIPA 7 SMAN 22 Bandung. Analisis data untuk pengembangan mobile learning berbasis Assemblr EDU mendapatkan kriteria layak dari ahli materi 1, ahli materi 2 dan siswa serta mendapatkan kriteria cukup dari ahli materi, memiliki efektivitas sedang dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mobile learning berbasis Assemblr EDU bisa menjadi sumber belajar di mana dan kapan pun karena menarik serta menyenangkan, mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa, dan mendapat tanggapan yang baik dari guru matematika SMAN 22 Bandung dan siswa XI MIPA 7 SMAN 22 Bandung. Mobile learning berbasis Assemblr EDU memiliki kontribusi untuk proses pembelajaran sebagai sumber belajar yang bisa diakses di mana dan kapan pun untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mobile learning; Assemblr Edu; Sumber Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: Education, Research
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Mahendra Halim
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:57
Last Modified: 06 Apr 2022 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50094

Actions (login required)

View Item View Item