Pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih pada PT. Bank BRI Syariah periode 2014 - 2020

Anisari, Riski (2021) Pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih pada PT. Bank BRI Syariah periode 2014 - 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia menurun, maka masyarakat mulai berkegiatan dengan bisnis untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tentunya membutuhkan modal untuk menjalankan suatu bisnis tersebut, sehingga para masyarakat pebisnis bekerjasama dengan pihak bank. Hal ini merupakan peran perbankan sebagai lembaga intermediasi dengan mengeluarkan produk pembiayaan, diantaranya pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah. Dengan adanya pembiayaan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan perolehan laba bersih pada PT.Bank BRI Syariah. Namun pada laporan keuangan pada PT.Bank BRI Syariah periode 2014 – 2020 peningkatan pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah tidak di barengi dengan peningkatan Laba Bersih. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar perkembangan pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan Mudharabah terhadap laba bersih secara parsial, seberapa besar perkembangan pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan Musyarakah terhadap laba bersih secara parsial dan seberapa besar perkembangan pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah terhadap laba bersih secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan subjek penelitiannya dilakukan di PT.Bank BRI Syariah pada periode 2014 – 2020. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, uji asumsi klasik dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pendapatan bagi hasil pembiayaan Mudharabah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih pada PT.Bank BRI Syariah; (2) Pendapatan bagi hasil pembiayaan Musyarakah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih pada PT.Bank BRI Syariah; dan (3) Pendapatan bagi hasil pembiayaan Mudharabah dan pembiayaan Musyarakah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih pada PT.Bank BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah; Musyarakah; Laba Bersih; Pembiayaan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Riski Anisari
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:39
Last Modified: 05 Apr 2022 04:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50086

Actions (login required)

View Item View Item