Penerapan metode Pogil untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis

Nurliani, Niniek (2022) Penerapan metode Pogil untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah yang terdapat pada kemampan komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis. Pembelajaran yang dilakukan teacher center menjadikan siswa kurang mengekplorasi pengetahuan pada diri mereka dalam belajar. Rendahnya hasil belajar matematika dilihat dari nilai ulangan harian sswa masih jauh dibawah KKM dengan nilai KKM 60. Jika dibiarkan, hal tersebut akan terus berpengaruh terhadap pembelajaran dan pemahaman akan matematika untuk kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi matematis siswa sebelu menggunakan metode POGIL. Mengetahui proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode POGIL. Mengetahui komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan metode POGIL. Metode penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dat yang digunakan yaiu observasi dan Tes tulis. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan sisklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi matematis siswa kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis meningkat dengan menggunakan metode POGIL. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi guru dan hasil observasi siswa serta hasil belajar selama pembelajaran berlangsung. Hasil observasi aktivitas mengajar guru, mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I mencapai persentase 69,11%, dan siklus II pertemuan II mencapai persentase 94,11%. Begitupun observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I mencapai persentase 61% dan siklus II pertemuan II mencapai 92,60%. Komunikasi matematis siswa kelas V MIS Bangsal juga dikatakan meningkat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode POGIL adalah 57,27 dan setelah menggunakan metode POGIL yaitu dengan rata-rata 63,64 dengan ketuntasan klaskal sebesar 59% menjadi 84,09 dengan ketuntasan klasikal 100%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode POGIL dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa Kelas V MIS Bangsal Kabupaten Ciamis pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Pogil; Kemampuan Komunikasi Matematis; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Niniek Nurliani
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:06
Last Modified: 05 Jul 2022 01:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50082

Actions (login required)

View Item View Item