Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Syamil dan Dodo serta relevansinya dengan materi Pendidikan Kewarganegaraan kelas III MI: Analisis Semiotika Roland Bhartes

Annisa, Nabila Nur (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Syamil dan Dodo serta relevansinya dengan materi Pendidikan Kewarganegaraan kelas III MI: Analisis Semiotika Roland Bhartes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya film anak yang mengandung unsur pendidikan serta maraknya tontonan vulgarisme, kekerasan, dan pornografi yang dikemas sedemikian rupa sehingga berakibat pada bobroknya akhlak generasi muda saat ini terutama anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Syamil dan Dodo serta relevansinya dengan materi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III MI. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan teknik analisis data semiotika Roland Barthes. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen berupa video yang diambil dari aplikasi Youtube dan observasi non partisipan dengan cara menelaah setiap scene dalam film. Hasil penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak: pertama, akhlak terhadap Allah meliputi hanya mengesakan Allah dalam episode Syirik yang memiliki relevansi dengan KD 3.1 tentang pemahaman arti pancasila dalam lambang garuda pancasila. Kedua, akhlak terhadap Rasulullah saw meliputi taat dan amanah terdapat dalam dua episode yaitu episode Muhajirin dan Ansor serta Sifat Nabi. Episode Muhajirin dan Anshor memiliki relevansi dengan KD 2.1 Arti pancasila dalam lambang garuda pancasila, dan KD 2.4 Bersatu dalam keberagaman. Sedangkan episode Sifat Nabi memiliki relevansi dengan materi PPKn KD 2.2 Hak dan kewajiban dikeluarga dan di sekolah. Ketiga, akhlak terhadap diri sendiri meliputi jujur terdapat dalam episode Jujur yang relevan dengan KD 1.2 dan 2.2 Hak dan kewajiban dikeluarga dan di sekolah. Keempat, akhlak terhadap sesama makhluk meliputi peduli dan kasih sayang, memenuhi hak orang lain, dan saling tolong menolong terdapat dalam empat episode yaitu episode Ikhlas, episode Jujur, episode Aqiqah, serta episode Muhajirin dan Ansor. Episode Ikhlas dan episode Jujur relevan dengan KD 2.1 Pengamalan pancasila dalam lambang garuda pancasila, sedangkan episode Aqiqah serta Muhajirin dan Anshor relevan dengan KD 2.3 menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar. Kelima, akhlak terhadap lingkungan hidup meliputi menyayangi binatang terkandung dalam episode Aqiqah yang memiliki relevansi dengan KD 2.1 pengamalan pancasila dalam lambang garuda pancasila. Dapat dikatakan bahwa dalam film syamil dan dodo terdapat nilai-nilai akhlak yang memiliki relevansi dengan beberapa materi PPKn di kelas III MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan; Pendidikan Akhlak; Film Syamil dan Dodo, PPKn
Subjects: Public Performances > Filmscripts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabila Nur Annisa
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:45
Last Modified: 05 Apr 2022 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50076

Actions (login required)

View Item View Item