Analisis materi Calistung pada buku cerita tematik series

Hanifah, Nanda (2021) Analisis materi Calistung pada buku cerita tematik series. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Di antara aspek calistung kemampuan membaca adalah dasar dari proses pembelajaran. Minat siswa dalam membaca tergantung dari isi dalam buku. Semakin baik isi dalam buku maka minat pembaca akan semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi kandungan materi yang ada di dalam buku cerita tematik series serta mengetahui kegunaan buku cerita tematik series terhadap bahan ajar bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode Library Research yaitu studi kepustaakaan yang penelitian nya tidak memerlukan riset lapangan. Analisis pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dengan alur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa buku cerita tematik series ini juga mengandung materi calistung yang sesuai dengan kemampuan membaca siswa kelas rendah namun untuk aspek berhitung dijelaskan secara tersirat. Pada materi membaca, buku ini memenuhi aspek skemata, afektif, sensoris, berpikir dan juga aspek perseptual. Pada aspek skemata penyajian bahasa yang komunikatif dan sesuai dengan perkembangan usia anak serta penyajian kosa kata dan materi buku mudah dipahami, sesuai dengan pengalaman anak, memiliki tujuan edukatif, dan mendukung pencapaian tujuan nasional. Hal ini akan membantu anak dalam menghubungkan antara skema tersebut dalam sebuah sistem yang sistematis (skemata) yang akhirnya membantu pemahaman anak dengan cara yang beragam. Pada aspek afektif buku cerita ini memuat cover, judul, konten, ilustrasi dan gambar yang menarik minat pembaca. Selain itu buku ini menyajikan teks yang tidak padat, kurang memuat unsur matematis, ukuran buku yang tidak terlalu tebal. Hal ini akan meningkatkan minat anak dalam membaca buku tematik series ini. Pada aspek berpikir isi buku cerita tematik series ini relevan dengan kegiatan sehari-hari membantu anak menginferensi dan mengevaluasi materi. Pada aspek sensoris penyajian materi dan ilustrasi yang terkandung dalam buku membantu anak dalam memahami gambar maupun simbol tertulis. Pada aspek perseptual isi buku cerita tematik series ini menciptakan persepsi dan atensi bagi anak serta mendorong timbulnya perilaku positif dan bertanggung jawab, gemar menabung, pentingnya bersedekah, dan cinta negara..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Calistung; Buku Cerita Tematik Series; Konten; SD/MI;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nanda Hanifah
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:36
Last Modified: 13 Apr 2022 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50061

Actions (login required)

View Item View Item