Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Bilal A New Breed Of Hero untuk menumbuhkan akhlakul karimah pada siswa sekolah dasar: Analisis Semiotika Roland Barthes

Nurmaulia, Maya (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Bilal A New Breed Of Hero untuk menumbuhkan akhlakul karimah pada siswa sekolah dasar: Analisis Semiotika Roland Barthes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena terjadinya kemerosotan akhlak pada anak yang ditandai dengan munculnya sifat serakah, ketidak jujuran, maraknya kekerasan, penyalgunaan narkotika, serta yang paling mengenaskan adalah tindak pembunuhan. Hal itu disebabkan salah satunya oleh faktor perkembangan zaman, dimana anak dengan mudah dapat meniru hal-hal yang tidak baik salah satunya seperti dalam menonton sebuah film. Anak akan memiliki rasa penasaran dan ingin mencoba apa yang pernah dilihatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film Bilal: A New Breed Of Hero. 2) cara menumbuhkan akhlakul karimah pada siswa sekolah dasar menggunakan film Bilal: A New Breed Of Hero. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa sebuah tontonan dapat memberi pengaruh terhadap bagaimana seorang anak bertindak termasuk bagaimana akhlak yang dimilikinya, hal itu sejalaan dengan pendapat Trianto bahwa film dapat memberi wawasan dan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pola pikir penontonnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen berupa film Bilal: A New Breed Of Hero dan observasi berupa pengamatan film. Analisis data dilakukan menggunakan model semiotika Roland Barthes yang terdiri dari denotasi, konotasi dan mitos. Berdasarkan analisis data yang diperoleh simpulan bahwa pada film animasi Bilal: A New Breed Of Hero sebagai upaya untuk menumbuhkan akhlakul karimah melalui kegiatan menonton film perlu adanya bimbingan dari orangtua atau guru. Selain itu terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak seperti, 1) akhlak terhadap Allah yang meliputi bertakwa dan berdoa, 2) akhlak terhadap diri sendiri meliputi jujur dan sabar, 3) akhlak terhadap keluarga meliputi memelihara keluarga, dan 4) akhlak terhadap masyarakat meliputi memiliki rasa persaudaraan dan tolong menolong. Adapun upaya menumbuhkan akhlakul karimah pada anak berdasarkan analisis film animasi ini yaitu dapat dilakukan dengan metode keteladanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Film Bilal A New Breed Of Hero; Nilai pendidikan akhlak; Keteladanan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maya Nurmaulia
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:51
Last Modified: 05 Apr 2022 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50060

Actions (login required)

View Item View Item