Strategi pemberdayaan lingkungan masyarakat melalui pengelolaan sampah : Penelitian di Kampung Cisompok Desa Linggasirna Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya

Ramdani, Muhamad Rizki (2022) Strategi pemberdayaan lingkungan masyarakat melalui pengelolaan sampah : Penelitian di Kampung Cisompok Desa Linggasirna Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan Lingkungan Masyarakat di Tasikmalaya menyebabkan tingginya angka sampah, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran dan pengelolaan sampah, oleh karena itu pemerintahan RW kampung Cisompok dan Organisasi Kepemudaan IRPPAC memberdayakan potensi masyarakat dengan program strategi pengelolaan sampah yang bisa menciptakan lingkungan yang asri dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai proses, pelaksanaan dan hasil mengenai pemberdayaan lingkungan masyarakat yang dilakukan pemerintahan RW kampung Cisompok dan IRPPAC melalui program strategi pengelolaan sampah. Teori yang digunakan terhadap penilitian ini yaitu teori pemberdayaan menurut Agus Ahmad Safei, menurutnya pemberdayaan ialah terjemahaan asing empeworment dan secara klasikal, pemberdayaan adalah penguatan dan secara teknis, istilah pemberdayaan dapat disamakan atau setidaknya disamakan dengan istilah pengembangan. Bahkan dua istilah ini dalam batas-batas tertentu dapat dipertukarkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa startegi pemerintahan RW Kampung Cisompok dan IRPPAC dalam pemberdayaan lingkungan masyarakat berperan melalui program strategi pengelolaan sampah, seminar dan pengelolaan pelaksanaan program yang dilakukan pemerintahan RW Kampung Cisompok dan IRPPAC, monitoring dan evaluasi. Proses yang dilakukan oleh pemerintahan RW dan IRPPAC melalui pengelolaan sampah untuk menciptakan lingkungan yang asri dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa startegi pemberdayaan lingkungan masyarakat melalui pengelolaan sampah sudah berhasil menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi;Pemberdayaan lingkungan Masyarakat;Pengelolaan
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Rizki Ramdani
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:23
Last Modified: 04 Apr 2022 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50056

Actions (login required)

View Item View Item