Peran komunitas Explore Pangalengan dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah berbasis aplikasi Instagram : Penelitian di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Hassan, Nafan Faizal (2021) Peran komunitas Explore Pangalengan dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah berbasis aplikasi Instagram : Penelitian di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial Instagram menjadi salah satu wadah komunikasi bagi individu maupun kelompok sosial yang ada di masyarakat. Komunitas Explore Pangalengan adalah salah satu komunitas yang memanfaatkan media ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari komunitas Explore Pangalengan dalam mempromosikan potensi pariwisata kepada masyarakat yang lebih luas di jejaring media sosial Instagram. Akun dari komunitas ini dapat dilihat secara langsung di @explorepangalengan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Role and Status dari Ralph Linton. Dalam teorinya dikatakan bahwa setiap individu di dalam suatu kelompok pasti memiliki status, dan dalam status ini terdapat pula peran dari seorang individu yang tidak bisa berdiri sendiri. Peran yang dijalankan oleh individu ini memiliki suatu fungsi pemberdayaan yang pada intinya memberikan manfaat bagi individu atau kelompok lain di dalam masyarakat. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam peneliti ini untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana peran komunitas Explore Pangalengan dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Sedangkan untuk teknik analisisnya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunitas Explore Pangalengan terbentuk berdasarkan inisiatif individu-individu penikmat keindahan alam yang menyayangkan apabila hal ini tidak dinikmati oleh masyarakat di luar kemacatan Pangalengan, dengan demikian muncul inisitatif untuk membentuk e-community Explore Pangalengan. Komunitas ini berperan sebagai fasilitator dan promotor bagi siapapun yang memiliki ketertarikan untuk menyebar luaskan informasi objek wisata yang telah ada maupun masih potensial untuk mendapatkan perhatian dari pengguna Instagram lainnya. Penyampaian pesan (promosi) yang dilakukan menggunakan berbagai macam fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram seperti share foto, vidio, repost, story, dan reels.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Peran; Promosi; Pariwisata; Instagram.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Factors Affecting Social Behaviour
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nafan Faizal Hassan
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:29
Last Modified: 01 Apr 2022 02:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50027

Actions (login required)

View Item View Item