Pengaruh penggunaan bahan ajar multirepresentasi untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi termodinamika

Anugrah, Herawati (2022) Pengaruh penggunaan bahan ajar multirepresentasi untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi termodinamika. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Wabah virus Covid-19 yang melanda Indonesia pada tahun 2020 mengakibatkan semua tingkat sekolah baik SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi diharuskan pembelajaran secara daring, dalam kegiatan pembelajaran daring dibutuhkan media pembelajaran yang mampu mendukung dalam kegiatan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan dari bahan ajar multirepresentasi pada materi termodinamika, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar multirepresentasi dan buku paket fisika dan 3) peningkatan penguasaan konsep fisika peserta didik setelah melakukan pembelajaran menggunakan bahan ajar multirepresentasi dan buku paket fisika. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan menggunakan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementtion, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian menunjukkan bahwa 1) bahan ajar multirepresentasi layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi termodinamika dengan rata-rata nilai validitas 86 dengan kategoi sangat tinggi, 2) rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen termasuk efektif dan kelas kontrol termasuk kurang efektif, 3) peningkatan penguasaan konsep dilihat dari rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,64 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,40 dengan kategori sedang. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar multirepresentasi layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi termodinamika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multirepresentasi; Penguasaan Konsep; Termodinamika
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Herawati Anugrah
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:53
Last Modified: 31 Mar 2022 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50012

Actions (login required)

View Item View Item