Terapi salat Duha dalam upaya membentuk kesabaran siswa selama pembelajaran daring: Studi kasus di Madrasah Tsanawiah Nurul Amin, Samarang, Garut

Azania, Desti (2022) Terapi salat Duha dalam upaya membentuk kesabaran siswa selama pembelajaran daring: Studi kasus di Madrasah Tsanawiah Nurul Amin, Samarang, Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Dampak dari adanya pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada sektor pendidikan di Indonesia sehingga membuat suasana akademik sangat berubah untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring, sehingga akan berpengaruh pada kondisi kesabaran siswa dalam menghadapi berbagai kendala pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari jenis kendala yang dirasakan oleh siswa selama menjalani sistem pembelajaran secara daring serta untuk membentuk kesabaran didalam dirinya agar dapat memahami dan mengerti materi dari pembelajaran daring serta memahami orang lain dan kondisi disekitarnya untuk senantiasa memiliki kesabaran. Dalam membentuk kesabaran dilakukan dengan menggunakan teknik terapi salat duha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam proses penelitian dilakukan oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara dan melakukan dokumentasi terkait dengan kebutuhan dalam melakukan penelitian. Dalam penelitian ini mengambil informan berjumlah 5 siswa dari MTs Nurul Amin, Samarang, Garut. Kesabaran adalah suatu kemampuan seseorang dalam menerima segala sesuatu yang telah menjadi ketentuan Allah swt, sehingga kesabaran akan terbentuk didalam diri seseorang jika senantiasa mengingat dan berjalan sesuai dengan ajaran Allah, oleh sebab itu cara yang digunakan dalam menumbuhkan kesabaran dalam diri siswa dilakukan dengan menggunakan terapi salat duha. Hasil dari penelitian ini, kelima informan mengalami jenis kendala yang dirasakan selama menjalani proses pembelajaran secara daring, yang berkaitan dengan kondisi psikis, fisik terutama emosinya. Kelima informan merasakan reaksi setelah melakukan terapi salat duha yang dilakukan setiap hari selama jangka waktu satu bulan menjadi lebih sabar dalam menghadapi kendala saat pembelajaran daring. Terapi salat duha bukan satu-satunya media dalam penyembuhan, terapi salat duha memiliki keterbatasan hanya dapat dilakukan oleh umat muslim. Berdasarkan hasil dari terapi ini diharapkan dapat menjadi evaluasi serta menjadi bahan pengembangan tentang terapi salat duha sebagai media dalam menumbuhkan kesabaran siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesabaran; Pembelajaran Daring; Terapi Salat Duha;
Subjects: Psychology
Public Worship and Other Practices
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Desti Azania
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:26
Last Modified: 31 Mar 2022 01:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50001

Actions (login required)

View Item View Item