Perilaku masyarakat dalam memanfaatkan bendung rentang sebagai sumber mata pencaharian: Studi pada masyarakat Kampung Bojong Danu Desa Panongan Kecamatan Jatitujuh

Angka, Silvia Nur (2022) Perilaku masyarakat dalam memanfaatkan bendung rentang sebagai sumber mata pencaharian: Studi pada masyarakat Kampung Bojong Danu Desa Panongan Kecamatan Jatitujuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Umumnya pekerjaan yang dimiliki oleh masyarakat bergantung dengan kondisi lingkungan sekitar. Begitupula dengan masyarakat Desa Panongan yang sebagian besar wilayahnya adalah area persawahan. Yang pada awalnya dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian, namun seiring dengan berkembangnya jaman, masyarakatnya mampu melihat potensi yang dimiliki oleh Bendung Rentang yang ramai dikunjungi oleh masyarakat sehingga menjadi lokasi wisata dan membuka lapangan kerja baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Bendunng Rentang secara umum baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih itu, bagaimana masyarakat memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia sebagai sumber mata pencaharian. Penulis menggunakan teori aksi milik Talcott Parsons, bahwa tindakan manusia berawal dari kesadarannya sendiri. Kemudian manusia bertindak atau berperilaku untuk mencapai tujuan-tujuannya. Dalam bertindak, manusia menggunakan cara atau teknik, prosedur, metode serta perangkat atau alat yang membantu manusia mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan bagaimana perilaku masyarakat dalam memanfaatkan Bendung Rentang sebagai sumber mata pencaharian. Dengan berjumlah 10 orang sebagai sumber data primer dan sekunder. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan menggunakan teknik analisa data yaitu display data, reduksi data dan analisa data. Lokasi penelitian adalah Bendung Rentang, Desa Panongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Keberadaan Bendung Rentang terhadap pola perilaku masayarkatnya tidak memberikan perubahan yang signifikan . 2) perilaku masyarakat dalam memanfaatkan Bendung Rentang sebagai sumber mata pencaharian, diantaranya masyaraka memanfaatkan dengan sebagai lokasi wisata, sebagai aliran irigasi yang membantu pertanian maupun perkebunan mereka, dan menjadi area menangkap ikan bagi para nelayan. Selain dari pada itu, pemanfaatan lain yang dilakukan adalah sebagai sumber air baku, lokasi wisata, konservasi, aliran irigasi. 3) Bendung Rentang memiliki potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai lokasi wisata. Masalah proses perizinan adalah salah satu yang menghambat direalisasikannya rencana pemeritah setempat untuk membuka lokasi wisata secara resmi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Mata Pencaharian; Bendungan
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Silvia Nur Angka
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:13
Last Modified: 30 Mar 2022 05:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49979

Actions (login required)

View Item View Item