Perubahan sosial Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada masa pandemi covid-19 : Penelitian di usaha Rendang Yolanda di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Kota Payakumbuh

Aulia, Nindy Suci (2022) Perubahan sosial Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada masa pandemi covid-19 : Penelitian di usaha Rendang Yolanda di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Kota Payakumbuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fakta menyebarnya virus corona diberbagai negara dunia hingga masuk ke Negara Indonesia yang mana telah menggemparkan masyarakat di Indonesia. Masuknya virus ini ke Indonesia, membuat pemerintah menerapkan kebijakan-kebijakan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, dari penerapan kebijakan ini menyebabkan perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan dimasyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan sosial yang terjadi pada Usaha Mikro Kecil Menenengah (UMKM) Rendang Yolanda khususnya perubahan sosial usaha rendang Yolanda pada masa pandemi Covid-19, keberhasilan yang dicapai usaha rendang Yolanda pada masa pandemi Covid-19, dan aktifitas masyarakat di Kelurahan Sungai Durian pada masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perubahan sosial Gillin dan Gillin, dimana perubahan sosial dianggap sebagai suatu variasi cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan materil, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi atau penemuan-penemuan baru yang ada dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mengambarkan perubahan sosial yang terjadi pada UMKM Rendang Yolanda dengan menggunakan metode pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara dengan pemilik usaha Rendang Yolanda dan masyarakat sekitar. Kemudian teknik analisis data menggunakan menggunakan teknik triangulasi, teknik triangulasi yang dilakukan dalam pengambilan data dengan wawancara menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa (1) Terdapatnya perubahan sosial yang terjadi pada UMKM Rendang Yolanda pada masa pandemi Covid-19 dilihat dari aspek sosial, ekonomi dan teknologi. (2) UMKM Rendang Yolanda memberikan kontribusi terhadap masyarakat sekitar berupa terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang sulit mendapatkan pekerjaan pada saat pandemi Covid-19. (3) Terdapatnya perubahan aktifitas masyarakat Kelurahan Sungai Durian pada saat pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Pandemi Covid-19; Kontribusi; Aktifitas; Masyarakat
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nindy Suci Aulia
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:12
Last Modified: 30 Mar 2022 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49947

Actions (login required)

View Item View Item