Hubungan antara kegiatan paper quilling dengan perkembagan motorik halus anak usia dini: Penelitian di kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta

Khoeriyah, Nida (2021) Hubungan antara kegiatan paper quilling dengan perkembagan motorik halus anak usia dini: Penelitian di kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di Kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak masih rendah walaupun sudah distimulasi dengan kegiatan Paper Quilling. Hal ini dibuktikan dengan adanya siswa/siswi Kelompok A RA Al-Barokah yang masih menggunting menggunakan kedua tangannya, dan belum dapat menggunting sesuai pola yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kegiatan Paper Quilling di Kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta, 2) Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta, dan 3) Hubungan Antara Kegiatan Paper Quilling dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa kegiatan Paper Quilling erat hubungannya dengan perkembangan motorik halus anak usia dini.Keduanya membutuhkan kelenturan jari-jemari anak, koordinasi mata dan tangan untuk menghasilkan suatu karya yang baik dan tumbuh kembang motorik halus anak yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu berjumlah 16 anak Kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang didapatkan dari kegiatan Paper Quilling sebesar 61 dengan kategori “cukup” karena berada pada interval 60-69. Sedangkan nilai rata-rata dari perkembangan motorik halus anak sebesar 70 dengan kategori “baik” karena berada pada rentang 70-79. Sementara hubungan antara kegiatan Paper Quilling dengan perkembangan motorik halus anak kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta Tahun Ajaran 2020/2021 memiliki tingkat hubungan yang kuat. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,77 yang berada pada interval 0,70 – 0,90. Selain itu, hasil uji signifikasi diperoleh harga thitung sebesar 4,51 dan ttabel dengan db = 14 padataraf signifikasi 5% sebesar 2,145.Dengan demikian, karena thitung = 4,51 > ttabel = 2,145 maka dapat diinterpretasikan Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, kegiatan Paper Quilling memiliki hubungan yang signifikan dengan perkembangan motorik halus anak kelompok A RA Al-Barokah Cikadu Purwakarta. Selanjutnya, kontribusi kegiatan Paper Quilling (Variabel X) terhadap perkembangan motorik halus (Variabel Y) sebesar 59,29%, sehingga dapat dikatakan masih terdapat 40,71% lagi perkembangan motorik halus anak dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Paper Quilling; Perkembangan Motorik Halus
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nida Khoeriyah
Date Deposited: 29 Mar 2022 05:50
Last Modified: 29 Mar 2022 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49922

Actions (login required)

View Item View Item