Strategi pemasaran Madrasah berbasis digital hubungannya dengan minat peserta didik: Penelitian pada tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta se-Kabupaten Majalengka

Jannah, Nina Nurul (2022) Strategi pemasaran Madrasah berbasis digital hubungannya dengan minat peserta didik: Penelitian pada tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta se-Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Media digital dalam pemasaran madrasah merupakan media yang baik di era serba digital saat ini. Akar masalah pada penelitian ini rendahnya optimalisasi madrasah dalam memanfaatkan media digital sebagai media untuk melakukan pemasaran. Salah satunya madrasah kurang dalam memberikan informasi mengenai lembaga, keunggulan-keunggulan yang dimiliki, dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Padahal semua itu adalah salah satu faktor yang mampu menarik minat masyarakat terhadap lembaga tersebut. Pemikiran strategi pemasaran madrasah berbasis digital ini didasarkan dari bauran pemasaran (Marketing Mix) menurut Kotler dan Amstrong yaitu produk, harga, promosi dan tempat. Sedangkan minat peserta didik didasarkan pada terori minat beli menurut Schiffman dan Kanuk yaitu perhatian dan ketertarikan dan teori Ferdinand yaitu minat transaksional, minat referensial, minat eksplorasi. Meningkatnya minat peserta didik salah satunya berdasarkan pemasaran madrasah melalui media digital tersebut. Apbila strategi pemasaran madrasah berbasis digital ini dilakukan secara maksimal maka minat peserta didik dan jumalah peserta didik akan meningkat. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif inferensial, dalam jenis data peneliti menggunakan jenis data deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis parsial per indikator, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, uji hipotesis, dan uji pengaruh. Berdasarkan hasil perhitungan realitas strategi pemasaran madrasah berbasis digital dikatorikan sedang dengan nilai rata-rata 3,37. Sedangkan minat peserta didik diktegorikan tinggi nilai rata-rata 3,91. Secara keseluruhan strategi pemasaran madrasah berbasis digital terdapat korelasi atau hubungan dengan minat peserta didik, hasil perhitungan analisi koefisien korelasi diperoleh nilai 0,411. Terdapat pada tingkat kekuatan yang sedang, karena terdapat pada kategori 0,40 – 0,60. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung 2,517 > ttabel 2,0395, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan Hα diterima. Hasil uji pengaruh diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,411 yang memiliki arti dalam penilaian bahwa kontribusi variabel strategi pemasaran madrasah berbasis digital (X) terhadap variabel minat peserta didik (Y) di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Majalengka sebesar 41%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Madrasah; Digital; Minat Peserta Didik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nina Nurul Jannah
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:45
Last Modified: 18 Apr 2022 05:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49866

Actions (login required)

View Item View Item