Pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Islam

Nurjanah, Reni (2021) Pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena yang ada di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Islam yang sebelumnya dilakukan observasi mengenai rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mereka merasa bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam itu membosankan. Hal ini terlihat dari sedikitnya siswa yang hadir dan kurang semangatnya para siswa ketika pembelajaran Sejarah Kebudayaab Islam akibat metode dan media yang digunakan kurang menarik. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Islam. (2) Motivasi peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Islam. (3) Sejauhmana pengaruh penggunaan media audio visual pada materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Islam. Penelitian ini berdasarkan bahwa motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh dalam penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Pengaruh media audio visual termasuk pada interpretasi sedang, dengan skor perhitungan angket rata-rata 3,38. 2) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam termasuk pada interpretasi tinggi dengan nilai rata-rata 3,47. 3) Hubungan antara pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan perhitungan koefisien termasuk lemah atau rendah dengan korelasi 0,342. Kemudian pada uji hipotesis didapatkan hasil hipotesis ditolak. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yaitu T_(hitung )(1,54) lebih kecil dari T_tabel (2,10). Sedangkan dari hasil koefisien korelasi yang didapat, maka kadar pengaruh yakni 11,6% artinya masih terdapat 88,4% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Motivasi Belajar; Peserta Didik; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reni Nurjanah
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:22
Last Modified: 28 Mar 2022 01:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49854

Actions (login required)

View Item View Item