Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 1 Tahun 2020 tentang pengendalian kebakaran lahan di Kecamatan Jekan Raya perspektif Siyasah Dusturiyah

Muflihin, Farras Naufal (2022) Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 1 Tahun 2020 tentang pengendalian kebakaran lahan di Kecamatan Jekan Raya perspektif Siyasah Dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kebakaran Lahan dibentuk dengan tujuan agar kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di provinsi Kalimantan Tengah dapat dihindarkan bahkan bila perlu tidak terjadi lagi. Namun pencegahan kebakaran lahan yang dilakukan masih belum optimal dengan masih dilakukannya kegiatan pembakaran lahan yang masih terjadi bahkan diantaranya merupakan kebakaran di lahan gambut. Tujuan dari penelitian ini ada untuk mengetahui implementasi Perda Provinsi Kalimantan Tengah No 1 tahun 2020, kedua untuk mengetahui hambatan serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan Perda Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 1 Tahun 2020, ketiga untuk mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah terhadap implementasi Perda Provinsi Kalimantan Tengah tentang pengendalian kebakaran lahan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori siyasah dusturiyah, teori kekuasaan Negara, teori lingkungan hidup, dan teori implementasi kebijakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Sumber data yang diperoleh berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Lingkungan Hidup, Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi serta KTH HKm Kereng Mahaga Lewu. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh berasal dari peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan karya ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa kebijakan yang dilaksanakan terkait pengendalian kebakaran lahan yakni pemberdayaan masyarakat, pemetaan daerah rawan kebakaran, pencegahan kebakaran, penanggulangan kebakaran, dan rehabilitasi lahan sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah No 1 Tahun 2020. Berdasarkan pada teori Van Meter dan Van Horn terkait variable yang mempengaruhi terhadap kinerja implementasi kebijakan, sumber daya dan sikap para pelaksana menjadi variabel yang mempengaruhi terhadap kinerja implementasi kebijakan. Kurangnya anggaran, masih belum terpenuhinya alat dan bahan masih menjadi hambatan dalam pelaksanaan implementasi kebijakan ini. Selanjutnya tinjauan siyasah dusturiyah terkait implementasi perda ini harus dilaksanakan dengan mengutamakan pada kemaslahatan serta memperhatikan prinsip-prinsip hukum yang ada agar pelaksanaan perda dapat dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pengendalian Kebakaran Lahan; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum
Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Farras Naufal Muflihin
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:31
Last Modified: 24 Mar 2022 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49813

Actions (login required)

View Item View Item