Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembangunan ruang terbuka hijau : Studi deskriptif di Lapang Carik Desa Batujajar Barat Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat

Kamil, Muhammad Abdul (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembangunan ruang terbuka hijau : Studi deskriptif di Lapang Carik Desa Batujajar Barat Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy

Abstract

Lapang Carik merupakan tanah kas desa hasil hibah masyarakat kepada pemerintah desa yang sudah seharusnya dibangun oleh pemerintah menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Pembangunan Lapang Carik menjadi ruang terbuka hijau berupa stadion sepak bola dianggap lebih besar nilai manfaat dan keuntungannya dibandingkan dibangun menjadi sebuah taman. Dengan dibangunnya Lapang Carik menjadi sebuah stadion, maka bukan hanya kegiatan olahraga saja yang dapat diselenggarakan, namun kegiatan-kegiatan lain dapat dilakukan seperti konser musik, pertunjukan seni dan kegiatan perekonomian seperti bazzar. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui bentuk pemberdayaan ekonomi yang dapat dilakukan dengan adanya Ruang Terbuka Hijau dan mengukur keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi dengan adanya Ruang Terbuka Hijau. Dengan menggunakan teori pemberdayaan menurut Suharto (2009: 59-60), dua pandangan mengenai pemberdayaan yakni pemberdayaan sebagai proses adalah serangkaian untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan masyarakat lemah dan pemberdayaan sebagai tujuan adalah menunjuk pada keadaan yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial yaitu masyarakat yang berdaya dan mandiri. Juga teori pemberdayaan ekonomi menurut Gunawan Sumodiningrat (1999: 67-68) pemberdayaan ekonomi memiliki tujuan untuk memberikan dorongan, memberikan motivasi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai potensi-potensi yang dimiliki dan langkah-langkah dalam pengembangannya. Keberhasilan pembangunan Lapang Carik dapat dilihat dengan dijadikannya sebagai kawasan ekonomi baru, Lapang Carik memunculkan beragam profesi baru yang dapat berkontribusi di kawasan tersebut melalui beragam kegiatan yang diselenggarakan, sehingga mampu mewujudkan cita-cita meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selaras dengan yang penulis kutip dari Safei (2020) bahwa pengembangan ekonomi sering dipandang sebagai satu-satunya atau aspek terpenting dari proses pengembangan. Jika ekonomi sehat, sisanya akan mengikuti karena ekonomi yang kuat dan tingkat kemakmuran yang tinggi berarti bahwa orang dapat membeli hal-hal yang mereka butuhkan untuk menjalani kehidupan yang penuh dan sehat. Maka, melalui pembangunan ruang terbuka hijau yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Batujajar Barat di Lapang Carik mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat wilayah Desa Batujajar Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Pembangunan Ruang Terbuka Hijau; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Abdul Kamil
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:26
Last Modified: 23 Mar 2022 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49808

Actions (login required)

View Item View Item