Muatan tazkiyat al-nafs dalam kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Ulum, Itah Miftahul (2021) Muatan tazkiyat al-nafs dalam kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berpijak pada desain kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) yang kurang relevan dengan visi dan misi Muhammadiyah. Karena, implementasi kurikulum kurang menyeimbangkan antara aspek kognitif, psikomotor, dan afektif, di samping kurang sesuai antara tujuan, materi, metode pembelajaran, dan evaluasi. Dampak dari semua persoalan ini telah menjadikan mahasiswa dan lulusan kurang berkarakter hingga terjebak pada pragmatisme hasil ujian. Penelitian ini menganalisis Ketentuan PP Muhammadiyah, Majelis Diktilitbang, Badan Pembina Harian UMTAS, dan UMTAS tentang tazkiyat al-nafs dalam desain, imple-mentasi, dan evaluasi kurikulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah developmental research methods yang menganalisis data, gelaja, dan fakta tentang manusia, alam, dan Tuhan ditinjau dari struktur dan normanya secara filosofis. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Panduan AIK Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) didesain berlandaskan tawhid dan sejarah Muhammadiyah yang bertujuan membentuk lulusan beriman melalui tadabbur dan tafakkur sebagai metode tazkiyat al-nafs. Isi dan materi kurikulum mencakup (a) tawhid sebagai dasar tazkiyat al-nafs; (b) ibadat dan muamalat; (c) sejarah pembaharuan Islam dan kemuhammadiyahan; dan (d) keilmuan Islam sebagai sarana tazkiyat al-nafs. Metode tazkiyat al-nafs dalam kurikulum bertujuan memahamkan pembelajar melalui tadabbur, tafakkur, dan uswah hasanah. Evaluasi tazkiyat al-nafs dalam kurikulum berpusat pada proses yang filosofis, substantif, dan metodologis; (2) Tazkiyat al-nafs dalam kurikulum AIK UMTAS bermuara pada visi, misi, dan tujuan UMTAS. Landasan kurikulum sarat dengan profil rāsikhūn fī al-‘ilm sebagai tujuan pendidikan. Materi AIK UMTAS belum sinergi dengan Pedoman AIK PTM dan telah berdampak pada lulusan yang kurang berkepribadian. Evaluasi yang digunakan tejebak pragmatisme hasil dari pada proses; (3) Tazkiyat al-nafs dalam implementasi kurikulum AIK UMTAS sudah sinergi dengan Sisdiknas, kompetensi dasar kurikuler, ko kurikuler, ekstra kurikuler, dan MKWU Pancasila, Kewarganegaraan, dan Pendidikan Anti Korupsi. Materi dan metode pendidikan AIK UMTAS sudah relevan dengan meaningful learning dan discovery learning. Namun, tazkiyat al-nafs dalam materi AIK UMTAS belum sinergi dengan AIK PTM. Tazkiyat al-nafs dalam metode masih tergolong konvensional. Evaluasi kurikulum kurang menyeimbangkan ranah kognitif, psikomotor, dan afektif; (4) Tazkiyat al-nafs dalam evaluasi kurikulum AIK UMTAS secara garis besar sudah sinergi dengan Panduan AIK PTM. Tazkiyat al-nafs dalam evaluasi proses masih konvensional dan normatif. Tazkiyat al-nafs dalam evaluasi hasil kurang menyeimbangkan antara ranah kognitif, psikomotor dan afektif. Evaluasi desain kurikulum belum terintegrasi dengan Panduan AIK PTM karena fungsi pembinaan dan pengawasan dari pemangku kebijakan yang lemah, dan terdapat para mahasiswa yang kurang berkepribadian hingga terjebak pragmatisme untuk meraih nilai Istimewa dan Baik Sekali. Pada penelitian ini terdapat penawaran gagasan Kurikulum AIK UMTAS Berbasis Tazkiyat Al-Nafs.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Tazkiyat Al-Nafs; Kurikulum; Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Education > Ethical Education
Adult Education
Curricula
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Itah Miftahul Ulum
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:57
Last Modified: 22 Mar 2022 07:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49803

Actions (login required)

View Item View Item