Implementasi algoritma Agglomerative Nesting pada aplikasi Chatbot E-Ustadz

Hadad, Muhammad Iqbal (2022) Implementasi algoritma Agglomerative Nesting pada aplikasi Chatbot E-Ustadz. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah salah satu elemen penting dalam pendidikan Nasional untuk membentuk manusia yang beriman dan bertakwa. Tercantum dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tujuan dari pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Namun PAI menjadi mata pelajaran yang dianggap kurang penting oleh beberapa siswa penyebabnya adalah penerapan PAI di sekolah kurang maksimal sehingga siswa kurang mengamalkan PAI disekolah maupun di kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan salah satu perkembangan dari teknologi adalah internet, internet dapat membantu manusia untuk mencari informasi dengan mudah dan cepat. Beberapa pemanfaatan teknologi yang ada saat ini memanfaatkan teknologi Artificial Intelegence (AI), salah satu produk dari AI adalah chatbot yang dapat mencari informasi yang dibutuhkan melalui pertanyaan, chatbot merupakan bentuk dari Natural Language Processing (NLP), terdapat masalah pada teknologi NLP yaitu NLP tidak dapat memahami tata bahasa yang digunakan oleh manusia, untuk memahaminya perlu sebuah metode yang dapat mengelompokkan kata dalam jumlah besar salah satu metodenya adalah metode Algoritma Agglomerative Nesting (AGNES). Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode AGNES untuk mengclusterisasi pertanyaan dalam jumlah yang besar. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan AGNES, pengelompokan pertanyaan dapat berjalan dengan baik, didapatkan jumlah cluster 4 dan setelah dilakukan pengujian sillhouete coefficient untuk mendapatkan informasi kedekatan antar objek didapatkan hasil objek pertanyaan yang memiliki kesamaan berada pada cluster 3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Chatbot; Agglomerative Nesting; NLP; siswa; PAI; Artificial Intelegence; Sillhouete coefficient; cluster
Subjects: Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Muhammad Iqbal Hadad
Date Deposited: 22 Mar 2022 00:51
Last Modified: 22 Mar 2022 00:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49757

Actions (login required)

View Item View Item