Peningkatkan kemampuan berpikir statistis, penalaran, literasi dan self efficacy mahasiswa melalui pendekatan Brain-Based Learning dengan strategi metakognitif

Susilawati, Wati (2019) Peningkatkan kemampuan berpikir statistis, penalaran, literasi dan self efficacy mahasiswa melalui pendekatan Brain-Based Learning dengan strategi metakognitif. Project Report. Pendidikan Matematika UIN SGD Bandung, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (LAPORAN PENELITIAN)
LAPORAN PENELITIAN 2019.pdf

Download (769kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji secara komprehensif perbedaan peningkatan berpikir statistis dan literasi serta self efficacy mahasiswa calon guru melalui pembelajaran brain-based learning dengan Strategi Metakognitif. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group, melibatkan sampel 70 orang mahasiswa FKIP UNSWAGATI Cirebon. Instrumen yang digunakan tes berpikir statistis, test penalaran statistik, test literasi dan skala sikap self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir statistis, penalaran statistik, literasi serta self efficacy antara mahasiswa yang pembelajaran brain-based learning dengan strategi metakognitif memperoleh peningkatan lebih tinggi dari mahasiswa yang pembelajarannya konvensional, baik secara keseluruhan mahasiswa maupun berdasarkan pengetahuan awal statistik (PAS)

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: berpikir statistis; penalaran; literasi; self efficacy; Brain-Based Learning; metakognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wati Susilawati
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:55
Last Modified: 21 Mar 2022 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49723

Actions (login required)

View Item View Item