Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam konseling karir: Penelitian pada siswa kelas 12 di SMAN 1 Cicalengka

Mardiah, Siti (2022) Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam konseling karir: Penelitian pada siswa kelas 12 di SMAN 1 Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Tuntutan pekerjaan setelah lulus sekolah merupakan suatu permasalah yang sering dialami oleh siswa kelas 12, dimana mereka mengalami rasa pesimis, susah dalam pengambilan keputasan karena banyaknya pertimbangan yang mereka pikirkan, serta penentuan tempat dan ranah mana yang mereka akan ambil. Oleh karena itu di SMAN 1 Cicalengka ini memiliki layanan khusus dari guru BK untuk membantu siswa dalam menentukan karirnya, dengan teknologi informasi dan komunikasi menjadi penunjang layanan konseling karir dapat mempercepat penyebaran informasi serta mendapat informasi secara akurat dan terpercaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menjelaskan peran guru BK membantu siswa kelas 12 untuk menyiapkan karirnya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam proses konseling karir di SMAN 1 Cicalengka, Mengetahui peran guru BK membantu siswa kelas 12 untuk menyesuaikan karirnya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses konseling karir di SMAN 1 Cicalengka, dan Mengetahui peran guru BK membantu siswa kelas 12 untuk menentukan karir dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses konseling karir di SMAN 1 Cicalengka. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, dan untuk teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. dengan alasan, peneliti lebih fokus mendeskripsikan suatu peristiwa atau fenomena di lapangan sesuai topik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses konseling karir. Penelitian ini berlandaskan teori konseling karir Menurut Dewa Ketut Sukardi bahwa konseling karir merupakan suatu pelayanan bantuan yang diberikan kepada seseorang untuk dapat memilih, menyiapkan, menyesuaikan dan menetapkan dirinya dalam suatu pekerjaan yang cocok, dan memperoleh kebahagiaan darinya. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses konseling dapat diketahui bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses menyiapkan karir bermanfaat dari mulai penentuan kelas menggunakan TIK dan program BK lainnya, untuk menyesuaikan karir layanan BK menyediakan informasi untuk membantu siswa, dan untuk menentukan karir dikarenakan adanya pandemi tahun akhir tahun 2019 hingga sekarang komunikasi lebih sering menggunakan media sosial dan menurut guru BK konseling menggunakan media dapat dikatakan kurang efektif karena masih banyak hambatan yang kurang bisa diatasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; TIK; Siswa
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Mardiah
Date Deposited: 21 Mar 2022 00:17
Last Modified: 21 Mar 2022 00:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49722

Actions (login required)

View Item View Item