Pengaruh pembiayaan Musyarakah dan Murabahah terhadap peningkatan produktivitas pendapatan anggota di BMT El-Tazkiyah Bandung

Karimah, Rima Hikmatul (2022) Pengaruh pembiayaan Musyarakah dan Murabahah terhadap peningkatan produktivitas pendapatan anggota di BMT El-Tazkiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan BMT dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi guna mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan produk-produk yang tersedia di lembaga keuangan berupa pembiayaan-pembiayaan yang ditawarkan di dalamnya sesuai kebutuhan masyarakat sebagai LKS informal diharapkan menjadi solusi atas segala permasalahan ekonomi masyarakat sebelum adanya BMT, dalam memenuhi kebutuhan hidupnya masyarakat sangat bergantung kepada rentenir untuk menunjang kehidupannya, yang mana diterapkannya sistem bunga yang apabila jatuh tempo dalam pembayarannya secara terus menerus akan dikenakan bunga yang berkali lipat, hal itu membuat masyarakat semakin terpuruk dan sulit untuk mengembangkan usahanya serta memulai usahanya karena minimnya modal yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembiayaan musyarakah dan murabahah terhadap Peningkatan Produktivitas Pendapatan Anggota di BMT El�Tazkiyah Bandung. Penelitian ini Terdiri atas 3 Varibel yaitu: Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Murabahah dan variabel Peningkatan Produktivitas Pendapatan Anggota guna menguji pengaruh antar variabelnya secara parsial dan simultan supaya dapat diketahui Pembiayaan Musyarakah dan Murabahah dalam meningkatkan produktivitas pendapatan anggota BMT El Tazkiyah Bandung. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan data yang digunakan adalah data primer dimana Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dengan jumlah populasi 364 dan hanya diambil 60 sampel. Sedangkan Teknik pengambilannya menggunakan Teknik non- probability sampling (Kuota sampling) dan Teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dengan IBM SPSS 22 menunjukkan bahwa variabel Pembiayaan Musyarakah berpengaruh tidak signifikan terhadap Y dibuktikan dengan hasil uji t variabel Pembiayaan musyarakah sebesar -0,770. Sedangkan variabel Pembiayaan Murabahah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y dibuktikan dengan hasil uji t variabel Pembiayaan Murabahah sebesar 2,903. Hasil uji F dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara variabel X1, X2, terhadap Y dengan nilai Fhitung = 4,215. Diperoleh hasil Koefisien Determinasi (R2) sebesar 26,6% menunjukkan variabel Dependen dipengaruhi oleh Variabel-variabel Independen, sedangkan sisanya sebesar 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Musyarakah; Murabahah; Produktivitas; Pendapatan
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rima Hikmatul Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:04
Last Modified: 21 Mar 2022 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49707

Actions (login required)

View Item View Item