Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo

Nurhayati, Risma (2022) Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dasar adanya keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan primernya, khususnya dalam hal konsumsi pangan. Salah satu produk pangan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah mie instan. Tingginya permintaan masyarakat terhadap produk mie instan membuat lebih banyak persaingan antar produsen mie instan, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Sehingga saat ini, perusahaan dituntut untuk memperhatikan factor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang ditawarkan, supaya perusahaannya dapat bersaing dengan perusahaan lain yang serupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo pada masyarakat Kecamatan Bantarujeg. Serta mengetahui besar pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo pada masyarakat Kecamatan Bantarujeg. Menurut Kotler, pemasaran ialah suatu proses social and managerial, di mana individu-individu atau suatu kelompok memperoleh sesuatu yang mereka inginkan dan butuhkan melalui proses produksi, tawar menawar, dan tukar menukar barang atau jasa yang dapat dinilai oleh pihak lain. Konsep dan strategi pemasaran perlu diterapkan oleh suatu perusahaan supaya aktivitas bisnis dapat lebih terorganisir yang kemudian akan berimbas pada peningkatan jumlah permintaan konsumen terhadap produk dan perolehan laba yang maksimal. Adapun beberapa konsep dan teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran dalam penelitian ini antara lain konsep bisnis dalam Islam, konsep halal dan haram, labelisasi halal, kualitas produk, harga, dan teori keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google form. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian, di mana peneliti menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS versi 23 dalam menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel labelisasi halal, kualitas produk dan harga, masing-masing memperoleh nilai thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk uji simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel dan nilai signifikansi < 0,05, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, variabel labelisasi halal, kualitas produk, dan harga, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo. Di mana pengaruhnya adalah sebesar 49,9 % dan sisanya 50,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal; Kualitas Produk; Harga; Keputusan Pembelian
Subjects: Administration of Economy > Administration of Industries
Administration of Economy > Administration of Communications
Administration of Economy > Administration of Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Risma Nurhayati
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:41
Last Modified: 18 Mar 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49692

Actions (login required)

View Item View Item