Minat siswa dalam membaca buku pelajaran hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabuswetan Kabupaten Indramayu

Adelin, Adista (2022) Minat siswa dalam membaca buku pelajaran hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabuswetan Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yaitu minat siswa dalam membaca buku PAI rendah, Namun di sisi lain hasil belajar kognitif pelajaran PAI mereka cukup bagus. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan dan permasalahan yang menarik untuk diteliti, apakah terdapat hubungan antara minat siswa dalam membaca buku pelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI? Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Realitas minat siswa dalam membaca buku pelajaran. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. 3) Realitas hubungan minat siswa dalam membaca buku pelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya minat mereka dalam membaca buku pelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi minat siswa dalam membaca buku pelajaran, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar kognitif mereka. Begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi regresi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, 1) Realitas minat siswa dalam membaca buku pelajaran (Variabel X) termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,83. Angka tersebut berada pada interval 3,51-4,50. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI (Variabel Y) termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 77,03. Angka tersebut berada pada interval 60-80. 3) Realitas hubungan kedua variabel: (a) Harga koefisien korelasi sebesar 0,47. Termasuk ke dalam kategori sedang, karena berada pada interval 0,41-0,60. (b) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung (2.92) ≥ ttabel (1.697), maka Hipotesis (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan yang positif antara antara minat membaca siswa dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Kadar pengaruh variabel x dengan variabel y adalah 12%. Berarti minat siswa dalam membaca buku pelajaran 12% memengaruhi hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan 88% lagi dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: minat membaca; siswa; buku pelajaran; hasil belajar kognitif; mata pelajaran PAI
Subjects: Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adista Adelin
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:28
Last Modified: 17 Mar 2022 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49671

Actions (login required)

View Item View Item