Upaya Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP IT Bina Al-Jihar kecamatan Tegalwaru Karawang

Hambali, Ade Ihya (2021) Upaya Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP IT Bina Al-Jihar kecamatan Tegalwaru Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari pada latar belakang masalah, yaitu terjadi ketidaksesuaian antara kondisi yang diharapkan dengan fenomena yang ada, yaitu berdasarkan observasi awal dapat diperoleh informasi bahwa di SMP IT Bina Al-Jihar Tegalwaru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak semua siswa mendapatkan prestasi belajar yang baik dan cenderung kurang optimal baik dari pemahaman terhadap materi maupun pengamalan pelajaran. Maka diperlukan upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Apa saja upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP IT Bina Al-Jihar . 2) Mengetahui tingkat keberhasilan upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP IT Bina Al-Jihar. 3). Mengetahui factor pendukung guru PAI dalam menignkatkan prestasi belajar siswa SMP IT Bina Al-Jihar. (4). Menegtahui factor penghambat guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP IT Bina Al-Jihar.. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa yang diteliti yaitu upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memaksimalkan peran dan tugas guru sebagai pengelola pengajaran (manager), sebagai penilai hasil belajar (evaluator), sebagai pembimbing (konselor), dan sebagai pemberi motivasi (motivator). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir kesimpulan. Dari penelitian yang sudah dilakukan, maka diperoleh hasil berikut: (1) upaya yang dilakukan oleh guru PAI diantaranya dengan cara mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru, menggunakan metode yang disesuaiakan dengan materi, memberikan motivasi berupa apresiasi, pujian dan reward, mengelola proses pembelajaran, dan melakukan evaluasi diakhir pembelajaran, (2) upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningktakn prestasi belajar siswa sudah cukup berhasil dilihat adanya peningkatan dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor, (3) faktor pendukung dari upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu adanya pelatihan yang disediakan oleh sekolah, lingkungan sekolah yang mendukung, dan profesionalisme guru PAI dalam menjalankan perannya, (4) faktor penghambat dari upaya guru PAI dalam menignkatkan prestasi belajar siswa antara lain yaitu minat siswa yang rendah terhadap pelajaran keagamaan, sikap negatif siswa di dalam kelas, kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan media pemebelajaran berbasis teknologi, dan pengaruh negatif pergaulan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; Prestasi Belajar; Siswa; SMP IT Bina Al-Jihar Kecamatan Tegalwaru Karawang
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Ihya Hambali
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:18
Last Modified: 16 Mar 2022 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49658

Actions (login required)

View Item View Item