Hubungan antara penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian (simpeg) dan kepuasan pelanggan mengenai pelayanan administrasi pegawai negeri: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung

Hasanah, Fitri (2022) Hubungan antara penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian (simpeg) dan kepuasan pelanggan mengenai pelayanan administrasi pegawai negeri: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan sangat penting adanya informasi. Informasi tidak hanya dibutuhkan untuk kepentingan diluar lembaga, melainkan sangat berpengaruh juga pada internal lembaga itu sendiri. SIMPEG adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mengelola sistem informasi kepegawaian, dengan adanya SIMPEG, pelayanan administrasi kepegawaian dapat dikontrol sehingga pemimpin lembaga dapat melihat kekurangan dan kelebihan dari pelayanan yang diberikan. Fenomena yang terdapat di lapangan mengenai penggunaan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) tersebut salah satunya adalah aplikasi SIMPEG ini tidak pleksibel artinya harus terus di up-date dan hanya bisa diakses oleh operator sekolah/ bagian kepegawaian saja. Sehingga jika ada data yang belum lengkap atau tidak sesuai, pegawai tidak bisa langsung mengubah atau menambahkan data ke SIMPEG secara individu. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan SIMPEG Untuk mendeskripsikan sejauh mana kepuasan pelanggan mengenai pelayanan administrasi pegawai negeri dan untuk menguji hipotesis apakah ada hubungan antara Penerapan SIMPEG dan kepuasan pelanggan mengenai pelayanan administrasi pegawai negeri di MTsN se-kota Bandung. Penelitian ini didasarkan kepada pemikiran bahwa kepuasan pelanggan mengenai pelayanan administrasi pegawai negeri salah satunya dipengaruhhi oleh penerapan SIMPEG. Apabila penerapan SIMPEG baik maka pelayanan administrasi juga akan baik sehingga kepuasan pelanggan akan meningkat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif inferensial. Dalam pengambilan sempel peneliti menggunakan teknik random sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 60 sampel, sebagai data primer. Kemudian langkah-langkah teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: menguji realitas variabel x dan y kemudian menguji korelasi antara kedua variabel. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan SIMPEG dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 4,3 dan berada pada rentang nilai 3,6 – 4,5. Kepuasan pelanggan dengan nilai 4,05 berada pada rentang 3,6 – 4,5 = tinggi. Kemudian antara kedua variabel terdapat hubungan dengan nilai 0,442 yang artinya tingkat kekuatan hubungannya sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara penerapan SIMPEG dengan kepuasan pelanggan mengenai pelayanan administrasi Pegawai Negeri di MTsN se-Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian; Kepuasan Pelanggan; Pelayanan Administrasi; Pegawai Negeri
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitri Hasanah
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:04
Last Modified: 16 Mar 2022 06:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49657

Actions (login required)

View Item View Item