Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan hias kelompok Mina Mulya: Penelitian di Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi

Fatah, Andi Ghafur (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan hias kelompok Mina Mulya: Penelitian di Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan sendiri merupakan suatu upaya pembangunan yang ditujukan untuk memberikan daya ataupun kekuatan agar tercapainya kesejahteraan pada masyaakat. Dengan kata lain pemberdayaan ialah upaya yang dilakukan untuk memberikan masyarakat keahlian agar tercapainya kemandirian. Kelompok Mina Mulya sendiri merupakan sebuah kelompok sosial di Desa Tridayasakti yang melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan budidaya ikan hias. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses dari pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan hias yang dilakukan oleh kelompok Mina mulya di Desa Tridayasakti, dampak dari adanya pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan hias yang dilakukan oleh kelompok Mina Mulya di Desa Tridayasakti, dan apa saja faktor pendorong dan penghambat pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan hias kelompok Mina Mulya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional Tallcott Parsons. Pada teori ini perubahan sosial berfokus kepada sifat struktur sosial yang kemudian menuju suatu proses evolusi sosial. Pada penelitian ini, penulis memusatkan pada skema AGIL dalam melihat pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok Mina Mulya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok Mina Mulya merupakan pemberdayaan yang dilakukan oleh sebuah kelompok sosial melalui pelatihan budidaya ikan hias. Pada pemberdayaan masyarakattersebut terdapat tiga tahapan yang dilalui yaitu tahap penyadaran (enabling), tahap peningkatan potensi (empowering) dan tahap perlindungan (protecting). Dampak yang dirasakan dengan adanya pemberdayaan tersebut terdiri dari dapak positif dan negatif. Dampak positif yang dirasakan adalah mengurangi jumlah pengangguran, meningkatkan pendidikan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Tridayasakti. Dampak negatifnya adalah munculnya kecemburuan sosial baik itu pada masyarakat yang telah dilatih maupun antar anggota kelompok Mina Mulya. Faktor pendorong pemberdayaan masyarakat tersebut adalah potensi usaha ikan hias, partisipasi masyarakat dengan adanya pemberdayaan masyarakat tersebut, sumber daya manusia yang dimiliki oleh Desa Tridayasakti yaitu kelompok Mina Mulya sebagai pelaku pemberdayaan, dan bantuan maupun dukungan dari dinas terkait. Faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran untuk maju pada masyarakat dan keterbatasan modal pada masyarakat yang telah mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kelompok; Budidaya Ikan Hias;
Subjects: Social Process > Social Change
Social Groups > Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Andi Ghafur Fatah
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:13
Last Modified: 16 Mar 2022 05:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49655

Actions (login required)

View Item View Item