Akuntabilitas publik dalam penerbitan surat AK/1 bagi masyarakat pada masa pandemi covid-19 : Studi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur

Al Ghiyats, Muhammad Fawwaz (2022) Akuntabilitas publik dalam penerbitan surat AK/1 bagi masyarakat pada masa pandemi covid-19 : Studi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada aspek akuntabilitas publik dalam pelayanan penerbitan surat AK/1 bagi masyarakat pada masa pandemi COVID-19 yang diterapkan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dimensi-dimensi akuntabilitas, yaitu 1) Akuntabilitas Kejujuran dan Akuntabilitas Hukum, 2) Akuntabilitas Proses, 3) Akuntabilitas Program, 4) Akuntabilitas Kebijakan, pada instansi publik dalam pelayanan penerbitan AK/1 pada masa pandemi COVID-19 Di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elwood dalam (Mardiasmo, 2009). Setiap organisasi sektor publik setidaknya harus memiliki dimensi-dimensi akuntabilitas, yaitu Akuntabilitas Kejujuran dan Akuntabilitas Hukum, Akuntabilitas Proses, Akuntabilitas Program, dan Akuntabilitas Kebijakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan data cross section. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer hasil daripada wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik pengambilan sample purposive sampling dengan diperoleh empat orang informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi dimensi-dimensi akuntabilitas dapat dilaksanakan, namun terdapat beberapa dimensi yang perlu diperhatikan terkait pelayanan AK/1 bagi masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Dimensi akuntabilitas tersebut yaitu indikator pada dimensi Akuntabilitas Proses dan Akuntabilitas Program. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan secara keseluruhan diharapkan dapat ditingkatkan dan berjalan sesuai dengan indikator dimensi akuntabilitas publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas Publik; Dimensi Akuntabilitas; Penerbitan Surat AK/1; Pelayanan Publik
Subjects: Education, Research
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhammad Fawwaz Al Ghiyats
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:37
Last Modified: 18 Mar 2022 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49641

Actions (login required)

View Item View Item