Pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap kesejahteraan pedagang di pasar tradisional desa Mangunkerta Cugenang Cianjur

Kulsum, Siti Nadilah (2022) Pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap kesejahteraan pedagang di pasar tradisional desa Mangunkerta Cugenang Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya ekonomi modern saat ini menimbulkan adanya persaingan ketat antar pelaku bisnis. Profit adalah tujuan utama mereka dalam melakukan aktivitas bisnis. Namun, etika dalam berbisnis sering terlupakan. Padahal dengan etika yang benar pelaku bisnis akan bisa mengatasi persaingan sulit sekalipun. Etika bisnis Islam merupakan suatu hal yang harus dijadikan acuan dalam melaksanakan aktivitas bisnis. Kurangnya pemahaman beretika menjadi salah satu pemicu. Etika bisnis Islam akan sejalan apabila pelaku bisnis menanamkan nilai-nilai rohani dalam dirinya. Memperkokoh keyakinan terhadap Tuhan dan menghayati agama yang dianutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap kesejahteraan pedagang di Pasar Tradisional Desa Mangunkerta Cugenang Cianjur. Namun, secara umum bertujuan untuk menjalankan aktivitas bisnis dengan etika yang berlandaskan prinsip syariah serta menanamkan keyakinan yang kuat dalam beragama, sehingga pelaku bisnis tidak berani melakukan segala macam penyimpangan dalam aktivtitas bisnisnya. Penelitian yang dilakukan bersifat lapangan dengan penggunaan metode deskriptif kuantitatif. Responden yang diambil merupakan semua para pedagang yang berada di Pasar Tradisional Mangunkerta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap penyebaran kuisioner dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis dengan berbagai uji statistik menggunakan sistem SPSS versi 23. Berdasarkan temuan penelitian terdahulu yang dirujuk dalam penelitian ini. Yaitu dilakukan oleh Dyah Sulistiani pada tahun 2019, dengan hasil penelitian hanya etika bisnis Islam saja yang berpengaruh positif terhadap perilaku pedagang muslim, sedangkan variable religiusitas memiliki pengaruh yang negatif. Skripsi penulis sangat berbeda dengan penelitian sebelumnya, karena terdapat pembaharuan dalam variabel Y serta lokasi penelitian dan tahun dilakukannya penelitian. Hasil dari penelitian diketahui bahwa variabel etika bisnis Islam (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kesejahteraan (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,007 > 1,989. Sedangkan variabel religiusitas (X2) terhadap variabel kesejahteraan memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan thitung sebesar 2,225 yang otomatis lebih besar dari nilai ttabel. Kedua variabel tersebut secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan, terlihat dari perolehan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 18,120 > 3,07 dengan nilai signifikansi 0,000. Dan untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,225 atau 22,5%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam;Religiusitas;Kesejahteraan;Pedagang
Subjects: Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nadilah Kulsum
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:46
Last Modified: 15 Mar 2022 03:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49635

Actions (login required)

View Item View Item