Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Nyucikeun Diri hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian pada siswa kelas VII a, VIII b,dan VIII c di SMPN 3 Pasawahan-Purwakarta pada kegiatan 7 (tujuh) poe atikan pendidikan Purwakarta

Nuryadin, Anan Nazaruddin (2020) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Nyucikeun Diri hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian pada siswa kelas VII a, VIII b,dan VIII c di SMPN 3 Pasawahan-Purwakarta pada kegiatan 7 (tujuh) poe atikan pendidikan Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pada daerah Purwakarta mengalami hal pemerosotan akhlak pada remaja. Melihat hal ini, menjadi salah satu masalah yang dipandang serius bagi pemerintahan Kabupaten Purwakarta. Salah satu bukti keseriusan pada masa pimpinan Bapak Dedi Mulyadi sebagai bupati Purwakarta dalam menanggulangi akhlak siswa yaitu membentuk dan mengesahkan Peraturan Bupati Nomor 69 tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter yang dikemas dalam bahasa Sunda yaitu 7 (tujuh) poe atikan Pendidikan Purwakarta istimewa. Peneliti mencoba membedah kegiatan 7 (tujuh) poe atikan pada waktu hari jumat dimana disana pada sekolah dilakukan kegitan Nyucikeun Diri yang diasumsikan dapat meningkatkan Akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi; 1) Realitas aktifitas siswa mengikuti kegiatan nyucikeun diri di SMPN 3 Pasawahan Kabupaten Purwakarta, 2) Realitas akhlak siswa di SMPN 3 Pasawahan Kabupaten Purwakarta, dan 3) Realitas hubungan antara aktifitas siswa mengikuti kegiatan nyucikeun diri dengan akhlak siswa di SMPN 3 Pasawahan Kabupaten Purwakarta. Nyucikeun diri merupakan membersihkan diri atau lebih dalamnya membersihkan hati. Nyucikeun diri merupakan salah satu program Pendidikan berkarakter dengan berpedoman kepada nilai kesundaan yang di namakan 7 (tujuh) poe atikan Pendidikan Purwakarta istimewa atau 7 (tujuh) hari ajaran Pendidikan Purwakarta istimewa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif korelatif melalui pendekatan kuantitatif, pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Subjek-subjek peneliti yang digunakan adalah seluruh siswa Kelas VIII (A,B,C) dengan sampel 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas Siswa Mengikuti Kegiatan Nyucikeun Diri, memiliki rata-rata 3,45 termasuk kategori cukup, yang berada pada interval 2,5 – 3,5. Hal ini menunjukan bahwa Aktivitas Siswa Mengikuti Kegiatan Nyucikeun Diri.cukup baik, 2) Aktivitas Akhlak siswa setelah Mengikuti Kegiatan Nyucikeun Diri, memiliki rata-rata 3,47 termasuk kategori cukup, yang berada pada interval 2,5 – 3,5. Hal ini menunjukan pada Akhlak siswa setelah Mengikuti Kegiatan Nyucikeun Diri kategori cukup tinggi, dan 3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan nyucikeun diri dengan akhlak siswa di sekolah berkorelasi atau signifikan. Koefisien korelasinya termasuk kategori rendah (0,25) atau berkorelasi. Hasil uji koefisiesi korelasi menunjukan t_hitung (2,83) > t_tabel (2,00665) di artikan bahwa hipotesis diterima. Koefisien determinasi kadar pengaruhnya 12% artinya masih terdapat 88% faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Nyucikeun Diri; Siswa; 7 Tujuh Poe Atikan Purwakarta
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anan Nazaruddin Nuryadin
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:12
Last Modified: 15 Mar 2022 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49632

Actions (login required)

View Item View Item