Analisis kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowladge (TPACK) calon guru fisika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan implementasinya dalam pembelajaran

Azizah, Dais Shopie (2021) Analisis kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowladge (TPACK) calon guru fisika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan implementasinya dalam pembelajaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DASTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Tuntutan guru pada abad 21 semakin banyak, selain harus menguasai kompetensi pedagogik dan konten, juga dituntut untuk menguasai teknologi sebagai penunjang dalam pembelajaran dikelas. Model pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran disebut Technological Pedagogical and Content Knowladge (TPACK) yang dapat membantu guru dalam memahami penerapan teknologi yang sesuai dengan konten dan teknik pembelajaran serta menciptakan pembelajaran yang baik dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, perencanaan pembelajaran juga diperlukan agar proses pembelajaran akan berjalan dengan baik sebagaimana tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan TPACK calon guru fisika dalam menysun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah sepuluh orang calon guru fisika Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang melakukan penelitian. Hasil penelitian bahwa kompetemsi TPACK sepuluh orang calon guru fisika dalam menyusun RPP berada pada kriteria baik dengan persentase sebesar 76% pada penyusunan CoRe, 78% pada penyusunan CoRe dalam RPP, dan 85,16% pada pengisian lembar Pa-PeRs, keterlaksanaan TPACK dalam pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 92,26%, dan kemampuan TPACK calon guru dalam mengintegrasikan kompetensi pedagodi dan profesional berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 74,70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TPACK;calon guru;RPP
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dais Shopie Azizah
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:53
Last Modified: 17 Mar 2022 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49560

Actions (login required)

View Item View Item