Penyelesaian masalah transportasi menggunakan metode Least Cost Mean (LCMM) dan metode Maximum Range Column (MRCM)

Nurhakim, Resa Aida (2022) Penyelesaian masalah transportasi menggunakan metode Least Cost Mean (LCMM) dan metode Maximum Range Column (MRCM). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai masalah transportasi yang bertujuan untuk mendapatkan biaya yang minimum dalam kasus minimasi seimbang dan tidak seimbang, juga untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum dalam kasus maksimasi seimbang dan tidak seimbang. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode Least Cost Mean (LCMM) yang diperkenalkan oleh Md. Munir Hossain dan Mollah Mesbahuddin Ahmed dan Metode Maximum Range Column (MRCM) yang diperkenalkan oleh Huzooe Bux Kalhoro dkk. Kedua metode ini hanya berfokus pada masalah transportasi untuk mendapatkan solusi layak awal. Setelah mendapatkan solusi layak awal, maka dilanjutkan dengan uji optimal menggunakan Metode Modified Distribution (MODI) untuk melihat apakah solusi layak awal yang dihasilkan sudah mendekati solusi optimal atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis metode Least Cost Mean (LCMM) dan metode Maximum Range Column (MRCM) dalam mencari solusi layak awal baik untuk mencari biaya minimum maupun mencari keuntungan yang maksimum. Secara garis besar, langkah penyelesaian menggunakan Metode Least Cost Mean (LCMM) dimulai dengan mencari rata-rata dua sel biaya terkecil pada setiap baris dan kolom. Kemudian pilih baris atau kolom dimana biaya terbesar muncul. Kemudian cari sel biaya terkecil sepanjang baris/kolom tersebut dan alokasikan sejumlah supply dan demand. Sedangkan, langkah penyelesaian menggunakan Metode Maximum Range Column (MRCM) dimulai dengan mencari range biaya dengan mengambil selisih terbesar dan terkecil setiap kolom. kemudian pilih cari sel biaya terkecil dan alokasikan sejumlah supply dan demand. Setelah dilakukan analisis dari 4 data sekunder, diperoleh 3 data menunjukkan hasil metode Maximum Range Column (MRCM) lebih optimal, dan 1 data menunjukkan hasil metode Least Cost Mean (LCMM) lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masalah Transportasi; Metode Least Cost Mean (LCMM); Metode Maximum Range Column (MRCM); Metode Modified Distribution (MODI)
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Resa Aida Nurhakim
Date Deposited: 09 Mar 2022 05:13
Last Modified: 09 Mar 2022 05:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49523

Actions (login required)

View Item View Item