Kisah Qarun dalam tafsir Lubab al-Ta’wil Fi Ma’ani al-Tanzil : Studi analisis Israiliyyat pada Q.S Al-Qashash ayat 76-83

Lestari, Fitri Endah (2021) Kisah Qarun dalam tafsir Lubab al-Ta’wil Fi Ma’ani al-Tanzil : Studi analisis Israiliyyat pada Q.S Al-Qashash ayat 76-83. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (869kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa penafsiran terkait Alquran ditemukan banyak terdapat dongeng kuno atau cerita-cerita aneh yang disenangi oleh orang-orang awam yang disebut dengan israiliyyat. Dalam hal ini, para ulama tafsir berbeda pendapat mengenai pengambilan israiliyyat sebagai sumber tafsir. Ada yang memperbolehkan dengan syarat-syarat yang ketat dan ada juga yang melarangnya secara mutlak. Namun pada kenyataannya, penggunaan israiliyyat lebih besar peluangnya khususnya pada tafsir yang tergolong bi al-ma’tsur. Bahkan tak jarang pula beberapa ulama tafsir menjadikan israiliyyat sebagai sumber rujukan dalam penafsiran Alquran tanpa adanya penelitian terlebih dahulu tentang kualitas dan validitasnya. Oleh karenanya, penelitian tentang israiliyyat penting untuk dilakukan, agar dapat ditemukan penafsiran-penafsiran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah Memahami penafsiran tentang kisah Qarun dalam tafsir Lubab al-Ta’wil Fi Ma’ani al-Tanzil karya Al-Khazin dan mengetahui bentuk israiliyyat tentang kisah Qarun pada QS. Al-Qashash dalam tafsir Lubab al-Ta’wil Fi Ma’ani al-Tanzil karya Al-Khazin. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data primernya adalah Alquran, buku-buku mengenai israiliyyat, dan kitab tasfir al-Khazin. Sedangkan sumber sekundernya adalah berupa buku-buku, jurnal, dan karya tulis lainnya yang relevan dengan tema yang bersangkutan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa al-Khazin dalam menafsirkan kisah Qarun menjelaskan secara detail. Dari mulai nama lengkap Qarun, sifat-sifat Qarun, bagaimana menggambarkan banyaknya harta Qarun, dan ketika Qarun ditenggelamkan ke bumi. Hanya saja dalam menjelaskan tafsirannya, al-Khazin tidak mencantumkan periwayatnya melainkan menisbatkannya pada tafsir al-Baghawi. Adapun untuk bentuk israiliyyat yang terdapat dalam kisah Qarun ini ada empat ayat di antaranya Q.S Al-Qashash ayat 76, Q.S Al-Qashash ayat 78, Q.S Al-Qashash ayat 79, Q.S Al-Qashash ayat 81 yang terbagi ke dalam dua bentuk israiliyyat, yaitu israiliyyat yang sejalan dengan Islam dan israiliyyat tawaqquf (yang didiamkan).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Israiliyyat; Kisah Qarun; al-Khazin
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fitri Endah Lestari
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:48
Last Modified: 08 Mar 2022 06:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49500

Actions (login required)

View Item View Item