Penggunaan media pembelajaran berbasis smartphone menggunakan sensor magnetometer untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada Materi Gerak Lurus

Haryani, Futri Siti (2020) Penggunaan media pembelajaran berbasis smartphone menggunakan sensor magnetometer untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada Materi Gerak Lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Penggunaan media pembelajaran berbasis Smartphone menggunakan sensor magnetometer untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gerak lurus di kelas X-IPA SMA Bina Muda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis smartphone menggunakan sensor magnetometer. Sedangkan untuk variabel dependen dalam penelitian ini yaitu meningkatnya hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif dan kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini siswa di kelas X-IPA SMA Bina Muda. Metode penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik Random sampling dengan total sampel 30 orang peserta didik. Hasil penilaian mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan pada guru untuk 3x pertemuan dengan nilai 84.67 dengan kriteria sangat baik. sedangkan untuk siswa mendapatkan nilai rata-rata dari 3x pertemuan dengan nilai 81.67 dengan kriteria sangat baik. Pada proses pembelajaran fisika materi gerak lurus mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil hasil pretes yang didapatkan oleh peserta didik mendapat rata-rata nilai 41.81, dan nilai postest mendapatkan nilai rata-rata 84.86, dan tedapat pengaruh yang signifikan (0.000) antara respon peserta didik dalam pembelajaran menggunakan sensor magnet yang ada pada smartphone sebesar 64%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Menggunakan Sensor Magnetometer; Belajar Kognitif Peserta Didik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Futri Siti Haryani
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:28
Last Modified: 08 Mar 2022 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49480

Actions (login required)

View Item View Item