Hubungan manajemen penggunaan aplikasi Rapor Digital dengan kompetensi profesional guru: Penelitian pada guru MTsN dan MAN di Kota Bandung

Nurbani, Gilda (2022) Hubungan manajemen penggunaan aplikasi Rapor Digital dengan kompetensi profesional guru: Penelitian pada guru MTsN dan MAN di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKS)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi menjadi bagian terpenting dari pendidikan dan pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi yang kini sudah digunakan adalah aplikasi rapor digital. Fenomena dilapangan diketahui masih kurangnya wawasan dan pemahaman guru mengenai teknologi dan informasi, masih kurangnya pengalaman guru dalam melakukan input data yang berbasis digital, jangkauan dan kecepatan masih sangat terbatas, masalah dengan jaringan internet server error tidak connect, harus terhubung dengan wifi ataupun jaringan yang terinstall dengan aplikasi rapor digital madrasah, pengerjaan input data tidak selesai dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas manajemen penggunaan aplikasi rapor digital MTsN dan MAN di Kota Bandung, 2) realitas kompetensi profesional guru MTsN dan MAN di Kota Bandung, 3) realitas hubungan manajemen penggunaan aplikasi rapor digital dengan kompetensi profesional guru MTsN dan MAN di Kota Bandung. Pemikiran ini didasarkan dari fungsi manajemen menurut G.R Terry yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen penggunaan aplikasi rapor digital merupakan proses pemanfaatan sumber daya manusia maupun sumber daya yang lainnya untuk mencapai tujuan secara efektif, efisien, tepat, cepat dan akurat dalam melakukan pengelolaan nilai peserta didik, meningkatkan produktivitas, efektivitas dan kompetensi profesional guru terutama memudahkan guru sebagai wali kelas dalam melakukan input nilai akhir peserta didik pada setiap semesternya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis parsial perindikator, uji normalitas data, penafsiran variabel, analisis korelasi dan pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa realitas manajemen penggunaan aplikasi rapor digital MTsN dan MAN Kota Bandung berada pada kategori sedang yaitu sebesar 3,47. Realitas kompetensi profesional guru berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 3,97. Hubungan manajemen penggunaan aplikasi rapor digital dengan kompetensi profesional guru memiliki korelasi positif dan signifikan, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,522 angka tersebut berada pada rentang interval 0,40-0,59 termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis yaitu diketahui nilai t_hitung sebesar 3,405 > t_tabel 2,0395 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 27,3%, nilai tersebut menunjukan bahwa kompetensi profesional guru MTsN dan MAN di Kota Bandung 72,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rapor Digital; MTsN; MAN; Guru
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gilda Nurbani
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:03
Last Modified: 11 Mar 2022 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49445

Actions (login required)

View Item View Item