Mediatisasi Agama: konsep, kasus, dan implikasi

Fakhruroji, Moch (2021) Mediatisasi Agama: konsep, kasus, dan implikasi. LEKKAS, Bandung. ISBN 978-623-6207-54-3

[img]
Preview
Text (Full Text)
mediatisasi_agama_full.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Sebagaimana akan Anda temukan dalam buku ini, SMS pernah menjadi primadona komunikasi pada era 2000-an dan telah melahirkan banyak implikasi pada kehidupan sosio-kultural sebuah masyarakat. SMS adalah salah satu revolusi teknologi informasi dan komunikasi karena memelopori lahirnya fenomena yang disebut oleh Giddens (1990) sebagai “time-space distanciation” (distansiasi ruang-waktu) sekaligus juga “time-space compression” (pemadatan ruang-waktu) sehingga meruntuhkan batas-batas ruang dan waktu secara konvensional, atau hyper-coordination (Ling and Yttri, 2004; Ling, 2012; Abeele et al., 2018). Praktik sehari-hari yang disebut sebagai cell phone culture (Goggin, 2006), atau bahkan technoculture (Shaw, 2008), yang membuat kita tidak lagi terikat waktu dan tempat (no sense of place) (Meyrowitz, 1985). Semua analisis para ahli tadi pada dasarnya berupaya mengungkap tentang perluasan peran media yang bersifat teknologis dan mekanistik dalam masyarakat yang semakin sarat-media. Secara khusus, pembahasan buku ini terkonsentrasi pada relasi agama dan media yang dianalisis sebagai fenomena mediatisasi agama, sebuah fenomena tentang menguatnya logika media dalam mengatur, menstrukturkan dan membentuk makna serta praktik-praktik baru agama di era budaya media.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Mediatisasi Agama; Konsep; Kasus; Implikasi
Subjects: Science and Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Moch Fakhruroji
Date Deposited: 05 Mar 2022 02:28
Last Modified: 31 Mar 2022 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49428

Actions (login required)

View Item View Item