Implementasi Metode Rule-based pada sistem pendeteksi sinar UV untuk himbauan kesehatan kulit berbasis Internet of Things

Nugraha, Nisvy Sya`bana (2022) Implementasi Metode Rule-based pada sistem pendeteksi sinar UV untuk himbauan kesehatan kulit berbasis Internet of Things. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan dan perawatan kulit kurang diperhatikan oleh setiap orang, akibatnya kulit memiliki berbagai macam kelainan. Kelainan kulit seperti sunburn, tanning, aging, bahkan kanker kulit salah satunya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Sinar ultraviolet (UV) berasal dari sinar matahari yang tidak dapat dilihat langsung oleh manusia. Sinar UV bermanfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan mood dan Vitamin D pada tubuh, namun paparan yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan kulit. Jenis sinar UV yang bermanfaat dan berbahaya bagi manusia dapat diketahui oleh UV Index (UVI). UVI berupa angka atau skor tanpa satuan, digunakan untuk memantau tingkat radiasi sinar ultraviolet yang berkaitan dengan kesehatan. Untuk meningkatkan kesadaran bagaimana menjaga kesehatan kulit, dibutuhkan sistem yang dapat mendeteksi bahaya sinar ultraviolet. Dengan memanfaatkan teknologi internet of things, sistem pendeteksi sinar ultraviolet dapat dibuat untuk himbauan kesehatan kulit manusia. GUVA-S12SD UV sensor digunakan untuk mendeteksi intensitas sinar matahari dan nilai UV Index. Output sensor berupa analog voltage yang kemudian diproses oleh microcontroller menjadi data UV Index. Data tersebut diolah dan dikirim ke server kemudian ditampilkan pada aplikasi mobile. Metode yang digunakan pada sistem ini adalah Rule-based Method dalam pengkondisian untuk menampilkan kategori bahaya sinar ultraviolet berdasarkan UVI yang didapat. Hasil pendeteksi digunakan untuk menghimbau para pengguna terkait bahaya dan manfaat sinar ultraviolet terhadap kesehatan kulit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Rule-Based; Sinar UV, Sistem Pendeteksi, Internet of Things
Subjects: Special Computer Methods
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Nisvy Sya’bana Nugraha
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:00
Last Modified: 02 Mar 2022 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49347

Actions (login required)

View Item View Item