Peran guru pada penanaman nilai akhlak terpuji siswa: Penelitian deskriptif di Kelas III MIN 1 Bandung

Syahidah, Dalfa Iffatunnisa Nur (2021) Peran guru pada penanaman nilai akhlak terpuji siswa: Penelitian deskriptif di Kelas III MIN 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting bagi siswa salah satu diantaranya adalah dalam hal pembentukan karakter atau akhlak siswa, perkembangan teknologi nyatanya tidak menjadikan akhlak semakin baik, nyatanya kondisi akhlak khususnya pada anak semakin memburuk. Maka dari itu guru memiliki peranan penting didalamnya, adapun peran guru didalamnya yang akan membantu dalam penanaman nilai akhlak akan disampaikan oleh penulis. peran guru yang dimaksudkan berfokus pada pembelajaran akidah akhlak yang didalamnya memuat materi ajar mengenai akhlak terpuji. Penanaman nilai bukanlah hal yang mudah bagi seorang guru, didalamnya terdapat proses yang perlu ditempuh dan menghadapi berbagai hambatan didalamnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai akhlak terpuji siswa, hambatan dan factor penghambatnya juga solusi yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kualitas guru dalam menanamkan nilai akhlak terpuji siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang akan berfokus pada eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu masalah atau kondisi yang kemudian akan di deskripsikan berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan angket. Tempat penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Kota Bandung, Jl. Sindangsari No 12 Ds. Cipadung Kulon Kec. Panyileukan Kulon Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan guru memiliki peran penting diantarnya peran guru sebagai seorang pengajar guru sebagai teladan, pribadi pembimbing dan pelatih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Penanaman Nilai Akhlak Terpuji; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dalfa Iffatunnisa
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:47
Last Modified: 15 Mar 2022 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49333

Actions (login required)

View Item View Item