Optimalisasi kinerja pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMAN 3, SMAN 24, dan SMAN 26 Kota Bandung

Faisal, Faisal (2022) Optimalisasi kinerja pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMAN 3, SMAN 24, dan SMAN 26 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Pengawas Pendidikan Agama Islam memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan pengawasan dalam proses pembelajaran meliputi perencanaan, tujuan, pelaksanaan, evaluasi dan pemantauan pelaksanaan standar pendidikan nasional. Pengawas memiliki kewenangan untuk menilai, membimbing dan memberikan pelatihan terhadap guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kinerja pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kota Bandung yang meliputi program, implementasi, faktor pendukung dan penghambat, evalusi, dampak optimalisasi kinerja pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada regulasi pemerintah tentang pengawas pendidikan agama Islam dan juga konsep atau teori dari para ahli. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif evaluatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data primer terdiri dari Pengawas Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Kementerian Agama Kantor Kota Bandung dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kantor Kota Bandung. Sumber data sekunder terdiri dari buku-buku yang relevan dan naskah-naskah peraturan pemerintah, dan internet. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Program optimalisasi kinerja pengawas yang dikembangkan di SMAN Kota Bandung sesuai dengan aturan kerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. 2. Implementasi optimalisasi kinerja pengawas menghasilkan pola pembimbingan dan pelatihan guru pendidikan agama Islam. 3. Faktor pendukung dan penghambat optimalisasi kinerja pengawas berasal dari pengawas itu sendiri (Intern) dan ada yang bersumber dari luar (ekstern). 4. Evaluasi optimalisasi kinerja pengawas melalui pelaksanaan kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran, evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dalam evaluasi hasil pembelajaran, evaluasi dalam pengaruh disiplin kerja. 5. Dampak optimalisasi kinerja pengawas dalam meningkatkan kinerja guru yaitu pengawas dapat melaksanakan pengawasan dan pembinaan dalam bentuk wilayah dan individu dan guru dapat menguasai perencanaan pembelajaran, evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dalam hasil pembelajaran, evaluasi dalam pengaruh disiplin kerja, mampu memanfaatkan media dan teknologi pembelajaran, dan mampu mengembangkan potensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pengawas; Kinerja Guru; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Faisal Faisal
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:49
Last Modified: 01 Mar 2022 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49263

Actions (login required)

View Item View Item