Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi Kasus di PT. Astra International Tbk. Periode 2011-2020

Nina, Nurul Azmi Iman (2022) Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi Kasus di PT. Astra International Tbk. Periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pada laporan keuangan yakni Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) tidak sejalan dengan Return on Assets (ROA) dimana menurut teori yang dikemukakan oleh kariyoto, semakin tinggi perputaran modal kerja, semakin tinggi penjualan yang dapat diberikan untuk menutupi biaya modal kerja yang dikeluarkan, maka semakin menguntungkan perusahaan. Adanya keuntungan yang tinggi menyebabkan Return on Assets juga tinggi. Hal tersebut tidak sejalan dengan hasil perhitungan pada laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Assets (ROA) pada PT. Astra International Tbk. dengan melakukan analisis baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan PT. Astra International Tbk. melalui situs www.astra.co.id. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Working Capital Turnover berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Assets pada PT. Astra International Tbk. Kemudian secara parsial Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets pada PT. Astra International Tbk. Dan secara simultan Working Capital Turnover dan Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets. Hasil nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,723. Hal ini berarti pengaruh yang diberikan variabel bebas yakni pengaruh Working Capital Turnover dan Net Profit Margin secara simultan terhadap Variabel (Y) Return on Assets sebesar 72,3%. Sedangkan 27,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover (WCTO); Net Profit Margin (NPM); Return on Assets (ROA); Profitabilitas; PT. Astra International Tbk.
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nurul Azmi Iman Nina
Date Deposited: 25 Feb 2022 04:11
Last Modified: 25 Feb 2022 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49210

Actions (login required)

View Item View Item