Implementasi metode Fuzzy Logic untuk mengukur kelembaban tanah dan suhu lingkungan pada sistem penyiraman otomatis berbasis Internet of Things

Awalludin, Nden (2022) Implementasi metode Fuzzy Logic untuk mengukur kelembaban tanah dan suhu lingkungan pada sistem penyiraman otomatis berbasis Internet of Things. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dibidang pertanian sangat membantu para petani dalam melakukan aktifitasnya dibidang pertanian. Tanah sebagai salah satu media utama dalam bercocok tanam tentunya perlu diperhatikan secara khusus, karena tanah yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang baik. Ada dua hal yang mempengaruhi kualitas tanah tersebut, diantaranya suhu dan kelembaban karena tidak semua tanaman membutuhkan kelembaban tanah yang basah atau kondisi suhu yang sangat dingin, seperti halnya pada tanaman cabai merah. Kondisi tanah ideal untuk tanaman cabai sendiri yaitu suhu 250-350 dan kelembaban tanah 25%- 75%. Seiring dengan aktivitas masyarakat yang padat dan menghambat akan kontroling dan monitoring terhadap tanaman maka diperlukannya teknologi dalam kontroling dan monitoring tanaman tersebut. Internet of Things adalah perkembangan ilmiah yang menjanjikan untuk mengoptimalkan kehidupan berdasarkan sensor pintar dan perangkat yang bekerja sama di jaringan Internet. Dengan adanya teknologi ini sistem akan saling terintegrasi dan berjalan secara otomatis. Sensor Soil Moisture dan sensor DHT11 merupakan sensor dalam mikrokontroler untuk mendeteksi kondisi kelembaban tanah dan kondisi suhu didalam lingkungan. Logika fuzzy merupakan suatu metode yang dapat digunakan sebagai proses pengambilan keputusan berbasis aturan dengan menggunakan persamaan logika dari identifikasi kasus untuk menyelesaikan masalah non-linier. Sistem logika fuzzy terdiri dari himpunan fuzzy, aturan fuzzy dan bilangan fuzzy. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode fuzzy sugeno mendapatkan hasil 90% dalam 60 pengujian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Sugeno; Soil Moisture; DHT11; Internet of Things
Subjects: Special Computer Methods
Special Computer Methods > Artificial Intelligence
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Nden Awalludin
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:12
Last Modified: 24 Feb 2022 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49198

Actions (login required)

View Item View Item