Peran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung

Saputra, Muhammad Angga (2021) Peran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy

Abstract

Proses pelaksanaan dan penerapan sikap entrepreneur harus diberikan kepada santri pondok pesantren. Namun, Pendidikan Agama lebih didahulukan dengan menanamkan nila-nilai keislaman sehingga pelaksanaan entrepreneur berjalan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh syariat Islam dan berjalan sebagaimana mestinya. Berdasarkan hal di atas, peneliti merasa perlu melakukan suatu bentuk penelitian untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur terhadap santri di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana peran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri 2)Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri, 3) Apa yang Menjadi Faktor Pendukung dan Penghambat Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri dan 4) Bagaimana keberhasilan Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa nilai karakter Pendidikan Agama Islam mengenai sikap entrepreneur menjadi pondasi dalam menjalakan suatu usaha. Dalam hal ini, santri dapat dibimbing untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai manusia yaitu menjadi khalifah fil ardh, untuk meningkatkan keimanan manusia harus mampu sholeh secara individu maupun sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode fenomologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan Pendidikan Agama Islam dalam sikap entrepreneurship berasal dari landasan spiritual pada motivasi Al- quran, motivasi Hadits Rasulullah dan Motivasi Ulama. Perencanaan dan pelaksanaan Implementasi PAI dalam berwirausaha di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung sudah sesuai. Faktor Pendukungnya antara lain adalah: Sarana dan prasarana memadai, Sumber daya manusia yang mumpuni, reward baik berupa barang ataupun nominal, pengetahuan pembina perihal etika bisnis dan keagamaan mempuni. Faktor penghambatnya adalah Santri yang merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari, santri yang jenuh dan malas. Peran Pendidikan Agama Islam dalam sikap entrepreneur menghasilkan santri-santri yang memiliki karakter yang taat dan takwa, jujur, mampu bermanfaat untuk pribadi dan menumbuhkan sikap disiplin serta tanggung jawab dalam melakukan suatu pekerjaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama islam; entrepreneur; santri
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Muhammad Angga Saputra
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:36
Last Modified: 25 Feb 2022 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49179

Actions (login required)

View Item View Item