Implementasi Algoritma Conditional Random Field (CRF) pada Question Answering System mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah

Husein, Nina Nadia Syafitri (2022) Implementasi Algoritma Conditional Random Field (CRF) pada Question Answering System mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu muatan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang wajib diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), melalui pembelajaran SKI diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, dan menghayati sejarah kebudayaan islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya. Namun, sebagian peserta didik beranggapan mata pelajaran SKI merupakan mata pelajaran yang membosankan dan sulit karena memiliki materi yang padat dan banyak, kurangnya inovasi dan strategi dalam proses pembelajaran membuat turunnya minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari sejarah kebudayaan islam, terutama jika metode yang digunakan untuk pembelajaran selalu metode ceramah, maka pada penelitian ini dikembangkan Question Answering System (QAS), sebagai media pembelajaran dan sumber belajar yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik lagi. Aplikasi ini dapat mengembalikan jawaban secara dari pertanyaan yang diajukan oleh pengguna, algoritma yang digunakan yakni Conditonal Random Field (CRF) yang diterapkan pada proses Named Entity Recognition dengan menggunakan library Stanford NER. Implementasi ini menadapatkan hasil yang baik yakni dengan Precision sebesar 83.4% , Recall sebesar 86.8%, F1-Score 85.6% dan Accuracy sistem secara keseluruhan sebesar 73.97%. History of Islamic Culture is one of the contents of Islamic Religious Education subjects that must be taught at Madrasah Ibtidaiyah (MI). However, some students think that SKI subjects are boring and difficult subjects because they have dense and abundant material, the lack of innovation and strategies in the learning process makes the interest and motivation of students decrease in studying the history of Islamic culture, especially if the method used to learning is always the lecture method, so in this study the Question Answering System (QAS) was developed as a learning medium and learning resource that can help students understand the material better. This application can return answers directly to questions posed by users, the algorithm used is the Conditonal Random Field (CRF) which is applied to the Named Entity Recognition process using the Stanford NER library. This implementation got good results, namely with Precision of 83.4%, Recall of 86.8%, F1-Score 85.6% and overall system Accuracy of 73.97%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Question Answering System; Named Entity Recognition; Conditional Random Field; Stanford NER Tagger; Sejarah Kebudayaan Islam; Madrasah Ibtidaiyah;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Nina Nadia Syafitri Husein
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:41
Last Modified: 23 Feb 2022 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49160

Actions (login required)

View Item View Item