Pengembangan ICIMOPS (Innovation of Circular Motion Props) sebagai media pembelajaran pada materi gerak melingkar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik

Aprilliani, Shella Cyntia (2020) Pengembangan ICIMOPS (Innovation of Circular Motion Props) sebagai media pembelajaran pada materi gerak melingkar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam aktivitas kegiatan pembelajaran yang memiliki pengaruh penting dalam peningkatan pengetahuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari pengembangan media pembelajaran pada materi Gerak Melingkar, pengaruh media pembelajaran ICIMOPS terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran ICIMOPS. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah lima (5) peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Islam Cipasung, yang dipilih dengan teknik random sampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu hasil uji validasi ahli oleh tiga (3) validator yang memberikan nilai 96,3%, 86,7% dan 88,3%. Hasil peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada sub materi Gerak Melingkar menunjukkan kategori sedang dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69. Hasil angket responsi peserta didik menunjukkan presentase 91,27% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ICIMOPS layak digunakan dalam pembelajaran sub materi Gerak Melingkar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Gerak Melingkar; Pemahaman Konsep; ADDIE
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Shella Cyntia Aprilliani
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:39
Last Modified: 23 Feb 2022 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49158

Actions (login required)

View Item View Item