Pengembangan bahan ajar retorika melalui publikasi di channel youtube sebagai upaya membangun kepercayaan diri mahasiswa tampil di depan publik

Ridwan, Rustandi and Abdul, Mujib and Encep, Taufik Rahman and Chatib, Saefullah and Tata, Sukayat Pengembangan bahan ajar retorika melalui publikasi di channel youtube sebagai upaya membangun kepercayaan diri mahasiswa tampil di depan publik. Discussion Paper. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
Pengembangan Bahan Ajar Retorika melalui Publikasi di Channel Youtube sebagai Upaya Membangun Kepercayaan Diri Mahasiswa Tampil di Depan Publik, Monograf.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain produksi pesan, pemetaan materi dan daya pengaruh materi ajar retorika berbasis publikasi media sosial terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain produksi pesan sebagai upaya pengembangan materi ajar dilakukan dalam beberapa aspek yakni memeprkuat aspek metodologis dan aksiologis, mentality dan digital skill, pemetaan segmentasi dan strategi learning by doing. Daya pengaruh pembelajaran retorika berbasis publikasi media youtube dapat dilihat pada faktor personal dan situasional yang memperkuat konsep diri positif mahasiswa, baik berkaitan dengan rasa percaya diri, optimisme dan keberanian menyampaikan pendapat. Implikasi penelitian berkaitan dengan penguatan kepercayaan diri mahasiswa dengan penguasaan kompetensi digital skill dalam menghadapi tantangan industrialisasi digital di dunia profesional.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Retorika; Publikasi; Media Youtube
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ridwan Rustandi
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:09
Last Modified: 23 Feb 2022 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49132

Actions (login required)

View Item View Item