Sintesis ester L-askorbil dan kalsium L-askorbat sebagai senyawa antioksidan

Hariyono, Riesta Ramadhani (2022) Sintesis ester L-askorbil dan kalsium L-askorbat sebagai senyawa antioksidan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Ester L–askorbil dan kalsium L–askorbat merupakan turunan dari vitamin C yang disintesis sehingga memiliki sifat antioksidan yang mirip tetapi dengan stabilitas kimia yang ditingkatkan. Ester L–askorbil memiliki gugus ester dari donor asil trigliserida virgin coconut oil (VCO) sehingga kelarutan dalam minyak dan lemak tinggi. Kalsium L–askorbat memiliki sifat buffer dari garam kalsium sehingga pH–nya lebih netral. Metode sintesis ester L–askorbil berjalan secara enzimatik dengan biokatalis enzim lipase hasil ekstraksi biji bunga matahari. Sintesis dilakukan dengan memvariasikan waktu reaksi pada 4, 5, 6, 7 dan 8 (jam), konsentrasi enzim (berat terhadap substrat) 30, 40, 50, 60, dan 70 (%), juga rasio konsentrasi antara asam L–askorbat dan VCO 1:3, 1:6, 1:9, 1:12 dan 1:15 (mmol). Penelitian ini bertujuan untuk membuat senyawa turunan vitamin C yaitu ester L–askorbil dengan biokatalis lipase dan garam kalsium L–askorbat dengan mineral kalsium sehingga dapat dibandingkan kemampuanya sebagai senyawa antioksidan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas lipase hasil ekstraksi biji bunga matahari sebesar 4,267 U/mL dan aktivitas spesifiknya 22,59 U/mg. Kondisi optimal pada sintesis ester L–askorbil berjalan pada waktu 6 jam, enzim kasar lipase 30% dan rasio konsentrasi 1:9 dengan produk 33,99%. Kandungan hasil sintesis ester L–askorbil dianalisis menggunakan instrument Fourier Trasform Infra Red (FT–IR). Larutan 10% (b/v) kalsium L–askorbat memiliki nilai pH 7,3. Aktivitas antioksidan dengan metode DPPH ester L–askorbil memiliki nilai IC50 95,9 ppm dan kalsium L–askorbat memiliki nilai IC50 81,2 ppm keduanya berkatergori tinggi dan termasuk senyawa antioksidan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antioksidan; Asam L-askorbat; Biokatalis; DPPH; Enzim lipase; Esterifikasi; Ester L–askorbil; Kalsium L–Askorbat; Virgin Coconut Oil
Subjects: Chemistry and Allied Science > Chemists
Organic Chemistry
Organic Chemistry > Organic Chemical Reactions
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Riesta Ramadhani Hariyono
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:07
Last Modified: 21 Feb 2022 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49125

Actions (login required)

View Item View Item