Analisis kesulitan belajar siswa kelas III SDN Pangkalan materi perkalian pada masa Pandemi Covid-19: Penelitian Mix method terhadap siswa kelas III SDN Pangkalan kabupaten Bandung

Mulyani, Sri (2022) Analisis kesulitan belajar siswa kelas III SDN Pangkalan materi perkalian pada masa Pandemi Covid-19: Penelitian Mix method terhadap siswa kelas III SDN Pangkalan kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan belajar matematika merupakan suatu permasalahan yang masih banyak terjadi kepada peserta didik, saat adanya pandemi Covid-19 kesulitan belajar pun tetap ada. Pada tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah salah satu kesulitan belajar yang terjadi yaitu kesulitan belajar pada materi perkalian. Jika ditemukan suatu kesulitan belajar, maka guru tentu harus melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya. Penelitian ini dilakukan pada kelas III SDN Pangkalan, ditujukan untuk menemukan jenis-jenis kesulitan belajar dan faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas III SDN Pangkalan yang mengalami kesulitan belajar materi perkalian pada masa pandemi Covid-19. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mix method/metodologi kombinasi yang menggabungkan dua bentuk penelitian dalam satu penelitian. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat jenis-jenis kesulitan belajar materi perkalian siwa kelas III SDN Pangkalan pada masa pandemi Covid-19. Siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dalil-dalil matematika yaitu sebanyak 5,68 % (sangat rendah), siswa menulis angka tidak terbaca atau dalam ukuran kecil yaitu sebanyak 0,79 % (sangat rendah), lemahnya kemampuan berpikir abstrak sebanyak 2, 94 % (sangat rendah) dan terakhir siswa yang lemah kemampuan metakognisi (lemahnya kemampuan mengidentifikasi serta memanfaatkan algoritma dalam memecahkan soal-soal matematika yaitu sebanyak 50,19 % (sedang). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas III SDN Pangkalan materi faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi perkalian yaitu faktor intelektual sebanyak 33,3 %, faktor pedagogik sebanyak 17,3 %, faktor sarana dan cara belajar siswa sebanyak 32,7 %, faktor lingkungan sekolah sebanyak 1,2 %, faktor lingkungan keluarga sebanyak 10,7 %, dan faktor motivasi belajar siswa sebanyak 29,1 %. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas III SDN Pangkalan diantaranya adalah guru menggunakan media pembelajaran, melakukan pendekatan pada siswa yang kesulitan belajar, menerapkan pendekatan saintifik, melakukan pembiasaan kegiatan tambahan materi perkalian sesuai catatan hafalan siswa, dan mengingatkan orangtua siswa untuk mendampingi anaknya ketika belajar dirumah, dapat juga dengan menggunakan metode kuis, menggunakan multimedia interaktif dan memberikan latihan menulis angka/huruf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar; Materi Perkalian; Sekolah Dasar;
Subjects: Logic
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Mulyani
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:11
Last Modified: 21 Feb 2022 05:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49120

Actions (login required)

View Item View Item