Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi pembiayaan Akad Qard di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Bank Wakaf Mikro (BWM) Berkah Umat Ciganitri

Mubarak, Aqli (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi pembiayaan Akad Qard di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Bank Wakaf Mikro (BWM) Berkah Umat Ciganitri. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Masalah pembiayaan tidak lancar saat ini selalu menjadi dilema bagi lembaga keuangan di Indonesia dan telah menjadi penyakit kronis yang menjadi perhatian dan ancaman besar bagi sistem keuangan Indonesia yang harus diwaspadai oleh semua pihak, selain itu keberadaan lembaga keuangan yang memiliki peranan strategis dalam kegiatan perekonomian Indonesia. Pinjaman yang diberikan oleh bank wakaf mikro sangat berpengaruh dalam kehidupan ekonomi, karena pinjaman ini diberikan secara selektif oleh bank wakaf mikrodan diarahkan kepada peminjam, yang dapat mendukung pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan masyarakat. Akad/perjanjian mengatur hubungan yang mengikat antara para pihak dalam hal hak dan kewajiban termasuk kepada identitas para pihak yang sedang terlibat, di satu sisi mungkin atas nama undang-undang tentang hal-hal yang berkaitan dengan akad/perjanjian perjanjian itu. Dalam penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian hukum empiris yaitu empirical legal search, dengan penelitian hukum empiris itu sendiri secara sederhana diartikan sebagai penelitian yang mengkaji dan menganalisis tentang hukum individu atau masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni menguraikan data secara berkualitas dan komprehensif dalam bentuk kalimat yang teratur, logis, tidak tumpang tindih, dan efektif, sehingga memudahkan pemahaman dan interprestasi data. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Akad qardh yang di berlakukan di bank wakaf mikro berkah umat ciganitri dalam berupa pinjaman sebagai tambahan modal usaha pada nasabah dengan tenor pengembalian 40 sampai 50 kali, dengan catatan setelah nasabah menerima uang pembiayaan dengan nominal tertentu nasabah wajib menunjukan bukti pembelanjaan berupa nota dan lain-lain. 2) Akad qardh yang dipakai pada bank wakaf mikro berkah umat ciganitri sudah sesuai dengan fatwa dewan syariah nasional no 19/DSN-MUI/4/2001 tentang al qardh. 3) Cara penyelesaiannya ada 2 yang pertama adanya sistem tanggung renteng dan kedua melakukan home visit (berkunjung ke rumah nasabah). 4) adanya restrukturisasi dilakukan dengan menetapkan kembali syarat-syarat pembiayaan, antara lain perubahan jadwal pembayaran, jumlah angsuran, jangka waktu, dan atau pemberian potongan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Akad/perjanjian; kontrak; qardh; DSN MUI; tanggung renteng; Hukum; LKMS;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Aqli Mubarak
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:58
Last Modified: 15 Feb 2022 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49055

Actions (login required)

View Item View Item