Upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika terhadap anak dibawah umur: Stusi kasus di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor

Sofiyullah, Andrian (2021) Upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika terhadap anak dibawah umur: Stusi kasus di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Masalah penyalahgunaan narkotika telah menjadi permasalahan nasional bahkan internasional. Lebih memprihatinkan lagi, bahwa penyalahgunaan narkotika ini mulai merambah ke anak-anak. Narkotika mulai menghancurkan generasi penerus bangsa yang menjadi gambaran pergeseran peningkatan kualitas kenakalan yang dilakukan anak dan remaja yang sudah sedemikian kompleks. Dengan semakin meningkatnya bahaya narkoba yang meluas, maka timbul berbagai macam cara pembinaan untuk menyembuhkan korban penyalahgunaan narkotika yang dimana dalam hal ini adalah rehabilitas sosial bagi korban pecandu narkoba yang masih dibawah umur dimana membutuhkan pembinaan maupun pengobatan di dalam lembaga permasyarakatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran, faktor penghambat dan upaya dalam penanggulangan penyalahgunaan narkotika dan efektifitas rehabilitasi pada anak pengguna narkotika di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran, faktor penghambat dan faktor penunjang yang dijalankan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor dalam upaya rehabilitasi sosial terhadap pecandu narkoba anak dibawah umur yang dapat dikatakan tidak efektif karena belum dapat memenuhi dan melaksanakan praktiknya dalam beberapa indikator efektivitas berupa pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainya target, tujuan, dan perubahan nyata yang tidak terpenuhi secara keseluruhan di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: narkotika; penanggulangan; anak; penyalahgunaan; Balai Rehabilitasi Sosial
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Criminology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Andrian Sofiyullah
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:37
Last Modified: 15 Feb 2022 02:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49050

Actions (login required)

View Item View Item