Urgensi pemanfaatan jaminan kesehatan sosial badan penyelenggara jaminan sosial di kalangan pekerja seks komersial: Penelitian di Danau Ciberem Kabupaten Bekasi

Kautsariya, Restu Aqila (2022) Urgensi pemanfaatan jaminan kesehatan sosial badan penyelenggara jaminan sosial di kalangan pekerja seks komersial: Penelitian di Danau Ciberem Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia sendiri pengkategorian akses layanan kesehatan termasuk kedalam jaminan sosial melalui BPJS Kesehatan, namum dalam implementasinya ditemukan banyak kendala menyebabkan program jaminan sosial BPJS tersebut belum dapat terlaksana secara optimal, Pekerja Seks Komersial (PSK) termasuk kedalam kelompok sosial yang belum dapat menerima manfaat akses dan layanan jaminan sosial BPJS kesehatan karena kodisi status sosial dan faktor ekonomi menjadi pertimbangan untuk tidak memanfaatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan BPJS serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat dikalangan pekerja seks komersial di Danau Ciberem Kabupaten Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teori George Herbert Mead menjelaskan bahwa ada empat basis dan tahap tindakan yang saling berhubungan untuk mengetahui konsep persepsi yaitu: impuls, persepsi, manipulasi dan konsumsi. Selanjutnya Soekidjo Notoatmodjo bahwa perilaku kesehatan merupakan sebuah respon individu terhadap stimulus atau objek yang erat kaitannya dengan sakit dan penyakit, sistem pelayanan kesehatan, makanan dan minuman, serta lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari beberapa informan dari beberapa Pekerja Seks Komersial. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari mencari infomasi melalui buku, jurnal dan artikel yang bersangkutan untuk dapat melengkapi serta memperkuat informasi-informasi yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan terhadap BPJS di kalangan Wanita Pekerja Seks tidak semua melakukannya dan memanfaatkannya. Adapun yang memanfaatkan kartu BPJS tersebut untuk melakukan pengecekan kesehatan organ bagian dalam atau alat reproduksi, mereka melakukan pengecekan kesehetan secara rutin per 3 bulan sekali. Faktor pendorong tersebut meliputi pemanfaatan layanan BPJS dalam keluarga (eksternal) dan kesadaran untuk mendapatkan fasilitas kesehatan BPJS (internal). Serta faktor penghambat BPJS meliputi tidak tersedianya akses layanan kesehatan BPJS di LSM Grapiks Bekasi, presepsi terhadap BPJS (faktor internal) dan minimnya sosialisasi tentang BPJS (faktor eksternal/sosial).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jaminan Kesehatan; BPJS; Pekerja Seks Komersial
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Health Centers
Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
Personal Health, Hygiene > Birth Control and Sex Hygiene
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Restu Aqila Kautsariya
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:29
Last Modified: 14 Feb 2022 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49030

Actions (login required)

View Item View Item